Motivating and Inspiring Others

"/>

Artikel

Leadership Development: Menjadi Calon Pemimpin Masa Depan

Senin, 29 Maret 2021

RangkaianLeadership Development 2020/2021 ditutup dengan materi Motivating and Inspiring Others dari James Gwee. Di akhir sesinya, James Gwee menjelaskan bahwa memotivasi berbeda dengan menginspirasi. “Memotivasi berarti mengajak seseorang untuk mencari motif dalam mencapai tujuan. Sedangkan menginspirasi, kita menjadi contoh atau teladan bagi orang lain. Seorang pemimpin masa depan harus bisa mencapai keduanya,” jelasnya.

Pada kesempatan kali ini, dua Beswan Djarum 2020/2021, Michelle Helena Hermanus dari Institut Teknologi Bandung dan Tri Ardiansa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember berbagi pengalaman mengikuti pelatihan soft skills yang diselenggarakan secara virtual ini.

 

Apa yang membuat Leadership Development Djarum Beasiswa Plus berbeda dengan kelas virtual lainnya?

Michelle: Dibandingkan hanya menatap layar pembicara, kami dapat melihat diri kami sendiri dan teman-teman Beswan Djarum dari seluruh Indonesia dalam satu layar. Saya pribadi merasa sedang berada di ruangan yang sama dengan setiap pembicara dan teman-teman.

Tri: Leadership Development ini berbeda dan jauh dari kata membosankan dan bikin ngantuk. Karena materi yang disampaikan menarik sekaligus dilengkapi dengan contoh-contoh yang relevan dan aplikatif. Jadi kami tidak hanya diajak untuk berpikir yang terlalu jauh, namun melalui contoh-contoh yang sangat dekat dengan kehidupan kita sebagai seorang mahasiswa. Kemudian para pemateri adalah sosok-sosok yang keren-keren dengan membawakan materi secara singkat, padat dan jelas sehingga membuat saya semakin penasaran materi-materi apa yang diberikan selanjutnya. Lalu ada pelibatan dan partisipasi aktif baik dari pemateri maupun peserta melalui microsite sehingga kegiatan bertambah seru dan menantang.

Hal baru apa yang kamu dapatkan setelah mengikuti Leadership Development?

Michelle: Saya merasa tertantang di kelas Public Speaking. Walaupun sudah pernah belajar sebelumnya, Meski virtual, pembicara tetap mementingkan interaksi dengan kami para peserta. Awalnya merasa malu saat terpilih untuk coba mempraktekannya, tapi akhirnya terdorong karena diingatkan kalau tidak pernah terjun tidak akan pernah berkembang. Saya merasa senang karena sudah mendorong diri untuk mencoba, dan itulah latihan Public Speaking yang sebenarnya.

Tri: Semua materi yang diberikan dalam Virtual Leadership Development kali ini banyak memberikan perspektif baru bagi saya. Mengenal apa itu Gritty Leadership. Lalu pada sesi Design Thinking for Writers saya banyak belajar cara mengaktualisasi pemikiran menjadi sebuah tulisan yang apik dan menarik dengan menggunakan konsep Design Thinking.

Ingin menjadi calon pemimpin masa depan seperti apakah kamu?

Michelle: Pemimpin yang memiliki empati, memberi kesempatan bagi yang merasa gagal. Karena saya tahu rasanya diberi kesempatan di saat saya tidak layak. Saya ingin menjadi pemimpin yang memegang kuat core values dan purpose saya, serta meyakinkan diri untuk mengejar visionary goals saya.

Tri: Pemimpin yang visioner, memiliki wibawa sekaligus menginspirasi dengan tetap memiliki rasa empati yang tinggi. Berusaha mendorong seluruh anggota tim untuk bisa mencapai tujuan bersama sekaligus fokus mengembangkan personal goals.

 

Sudah siapkah kamu menjadi pemimpin masa depan?

Bekali dirimu dengan beragam soft skills untuk menjawab tantangan hari ini dan masa mendatang. Djarum Foundation kembali membuka pendaftaran Djarum Beasiswa Plus Tahun Ajaran 2021/2022. Ikuti terus informasi selengkapnya hanya di media sosial resmi kami: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

Tidak ada artikel terkait
08 April 2021 Berpikir Kritis dalam Mengutip Tokoh atau Pakar 21 Maret - 23 Mei 2021 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2021/2022 24 Mei - 20 Juni 2021 Seleksi Berkas Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2021/2022 21 - 30 Juni 2021 Tes Seleksi Tertulis Online 1 Juli - 10 September 2021 Tes Interview Online 20 September 2021 Pengumuman Seleksi Beswan Djarum 2021/2022