Artikel

Soft Skills Di Dunia Kerja: Mengapa Penting?

Rabu, 20 Januari 2021

Sebanyak 93% perusahaan menyatakan bahwa soft skills adalah pertimbangan utama dalam merekrut karyawan baru. Riset ini dikeluarkan oleh wonderlic.com* yang melibatkan lebih dari 260 karyawan.

Untuk mengetahui lebih dalam peran soft skills dalam berkarier, kami telah mewawancarai beberapa Alumni Beswan Djarum dari lintas bidang dan profesi.

Cerita pertama datang dari Michael Gurmawan yang bekerja di bidang Human Resource sebagai Sr. Performance & Reward Specialist. “Selama kerja, saya sering dihadapkan dengan situasi di mana saya harus bisa melihat dari berbagai sisi, mencerna dan memproses segala informasi yang disajikan pada saya,” ungkap Beswan Djarum 2016/2017 tersebut.

Pekerjaan Michael membuatnya kerap menemui situasi-situasi kompleks karena berurusan dengan manusia. Makanya kebiasaan critical thinking yang didapatnya selama menjadi Beswan Djarum sangat membantu di dunia kerja.

Pentingnya berpikir kritis juga dibutuhkan oleh seorang Venture Capitalist. Adinda Olivia Ryan Sabrina menggunakan kemampuan critical thinking-nya saat mengevaluasi bisnis startup-startup, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi bisnis-bisnis ini, dan lain-lain.

Selain itu public speaking juga sangat dibutuhkan oleh Beswan Djarum 2016/2017 yang saat kini bekerja di perusahaan Amerika tersebut. Selain harus berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Ia juga dituntut fasih berbahasa Inggris. “Di perusahaan ini hanya ada 5 orang Indonesia dari total 60 karyawan,” ceritanya.

Meski saat itu Adinda baru saja lulus, ia percaya diri saat mewawancarai founder atau CEO dari startup-startup di Asia Tenggara. Mulai dari Indonesia, Singapura, Vietnam, hingga Malaysia.

Soft skills bukan hanya penting untuk pekerja kantoran. Seorang perias pengantin sekalipun juga membutuhkannya. Hal ini diungkapkan oleh Maretta Dwi Kusumaningtyas.

Menggeluti bidang jasa, butuh kemampuan untuk bisa berkolaborasi baik dengan pelanggan. “Attitude yang penting,” ucap Beswan Djarum 2010/2011 ini.

Setiap pelanggan memiliki karakteristik tersendiri sehingga kebutuhannya berbeda. Maka butuh perhatian akan detail terperinci serta mampu mendengarkan klien dengan baik agar bisa memahaminya.

Soft skills sebagai kunci sukses

Pelatihan soft skills Character Building, Leadership Development dan Nation Building yang didapatkan oleh Ogy Fabrio Mandala selama menjadi Beswan Djarum 2012/2013, sangat membekas di hidupnya. Salah satu momen bersejarah ialah ketika banyak orang -bahkan kerabat mencemooh Ogy dan keluarga. Saat itu Ia dan keluarga menolak untuk melakukan ‘suap’ dalam proses seleksi Ogy menjadi seorang jaksa. Menurut orang-orang tersebut, praktek suap bisa menjamin kelulusan buat Ogy.

Namun Ogy menolak dengan keras. Ia percaya diri atas kemampuan yang dia miliki. Ia mempersiapkan diri sebaik mungkin, menjalani tes demi tes. Kegigihan Ogy pun sangat didukung oleh orang tua serta kakak-kakaknya. Mereka yakin dengan Ogy dan bisa lolos meski tanpa suap sekalipun.

Ketangguhan Ogy akhirnya berhasil membawanya lulus tes Kejaksaan RI dengan ranking teratas tingkat nasional. Ogy membuktikan bahwa integritas harus dipegang teguh, termasuk oleh mereka yang bekerja untuk mengabdikan diri bekerja melayani masyarakat.

Pelatihan soft skills Djarum Beasiswa Plus membuka kesempatan berkembang

Selain pelatihan soft skills, Djarum Beasiswa Plus juga menggelar kompetisi untuk menerapkan soft skills baik tingkat nasional hingga internasional. Salah satunya ialah International Exposure.

Ialah Rizka Khairani, Beswan Djarum 2012/2013 yang mengikuti London International Model United Nations (LIMUN). “Saat itu kami dibimbing selama beberapa bulan sebelumnya supaya lebih familiar dengan segala seluk beluk MUN. Mulai dari persiapan, berangkat, hingga selesai. Keren banget, deh!”

Setiba di London, Rizka merasakan jatuh cinta pada kota tersebut. Sejak itu, ia bertekad untuk melanjutkan S2 di sana. Benar saja, Rizka telah menyelesaikan pendidikan magisternya di University College London.

Kini Rizka telah bekerja sebagai Senior Creative Project Manager di perusahaan internasional yang berkantor pusat di Silicon Valley Palo Alto, USA.

Nah dari cerita-cerita Alumni Beswan Djarum ini kita bisa melihat peran soft skills yang telah mereka asah baik sejak di Djarum Foundation maupun setelah purna. Karena soft skills bisa dan perlu diasah secara terus menerus.

Ikuti terus media sosial resmi kami untuk membaca lebih banyak tentang soft skills atau Alumni Beswan Djarum lainnya melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

2 Maret - 4 Maret 2021 Virtual Leadership Development Beswan Djarum 2020/2021 Batch I & II 8 Maret - 10 Maret 2021 Virtual Leadership Development Beswan Djarum 2020/2021 Batch III & IV 16 Maret - 18 Maret 2021 Virtual Leadership Development Beswan Djarum 2020/2021 Batch V & VI 24 Maret 2021 Virtual Leadership Development Beswan Djarum 2020/2021: Motivating & Inspiring Others Batch I & II 25 Maret 2021 Virtual Leadership Development Beswan Djarum 2020/2021: Motivating & Inspiring Others Batch III & IV 21 Maret - 23 Mei 2021 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2021/2022 24 Mei - 20 Juni 2021 Seleksi Berkas Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2021/2022 21 - 30 Juni 2021 Tes Seleksi Tertulis Online 1 Juli - 10 September 2021 Tes Interview Online 20 September 2021 Pengumuman Seleksi Beswan Djarum 2021/2022