Berita

SAATNYA ANAK MUDA BERPIKIR KRITIS DAN LATIH KOMUNIKASI

Kamis, 07 Maret 2019

Masa-masa sebagai seorang pelajar atau mahasiswa tentu tak bisa dilepaskan dari kegiatan berpikir, menulis, dan public speaking. Tetapi, bagaimana sih cara untuk menulis dan berkomunikasi yang tepat sehingga pesan utama yang ingin kamu sampaikan bisa diterima oleh orang lain?

Kali ini, Beswan Djarum 2018/2019 dikenalkan dengan berbagai metode baru untuk memaksimalkan kemampuan berpikir, menulis, dan berkomunikasi secara efektif yang bisa menunjang kehidupan mereka baik di dunia pendidikan hingga nantinya membangun karir dan bersosialisasi di lingkungan yang lebih besar.

Gama turut memaparkan bahwa setiap orang harus bisa memahami bagaimana public speakingyang efektif. Seperti memperhatikan volume dan intonasi suara, gestur tubuh, serta ekspresi wajah untuk meyakinkan audiens tentang apa yang dibicarakan di depan umum. Hal ini juga bisa membantunya dalam membuat tugas tulisan, menghadapi dosen, dan masyarakat ketika kuliah praktek maupun sidang skripsi. 

Pendapat senada juga disampaikan oleh Lucia Yuriko M. B. Silitonga, Beswan Djarum 2018/2019 dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Lucia merasa terbantu dengan materi Critical Writing dan Public Speaking yang bisa menunjang karirnya sebagai mahasiswa jurusan komunikasi. “Sebagai mahasiswa komunikasi juga jurnalis yang sering melakukan public speaking, selama ini saya merasa masih biasa-biasa saja. Belum begitu menguasai materi yang "berat atau serius". Harapan ke depan, cara berpikir saya bisa lebih sistematis dan mulai bisa menulis dengan serius. Tak hanya itu, saya juga suka dengan sesi feedbackbaik ke saya pribadi maupun pada teman-teman lainnya karena bisa menjadi masukan dan ilmu baru juga bagi kami”, jelas Lucia.

Tak ada kesuksesan yang mustahil diwujudkan meski kamu belum mahir di suatu bidang sekalipun. Pastikan kamu berani untuk memulai hal baru, melatih kemampuan diri, dan siap berproses menjadi pribadi yang bisa berpikir secara kritis, menuliskannya, dan berkomunikasi secara langsung dengan penuh percaya diri. Yuk, dimulai dari kamu!

berita terkait

17 Juni - 24 Agustus 2019 Tes Seleksi Tertulis Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 9 September 2019 Pengumuman Beswan Djarum 2019/2020