Profil alumni

ADNAN AZHARI RIMBAWAN

Head of Operation
ADX Asia

Beswan Djarum 2010/2011

Introvert, sebuah kata yang kadang diidentikkan dengan pendiam dan tidak menggebu-gebu sehingga tidak cocok menjadi seorang pemimpin. Hal ini pula yang melekat pada diri saya, seseorang yang introvert. Stigma itu membuat saya tertantang untuk membuktikan bahwa seorang introvert juga bisa menjadi seorang pemimpin.

Sejak SMA, saya memberanikan diri untuk ikut organisasi dan menjadi pemimpin dalam tim kecil sampai tim besar. Sampai di jenjang Perguruan Tinggi, saya mengenal adanya Djarum Beasiswa Plus yang terkenal sebagai beasiswa prestasi yang sangat banyak peminatnya di Institut Pertanian Bogor. Banyak menggali informasi dan berbekal pengalaman organisasi dan akademik yang baik, saya memberanikan diri untuk ikut seleksi dan diterima sebagai Beswan Djarum. Tidak hanya memberikan beasiswa, tapi Djarum Beasiswa Plus juga memberikan banyak sekali pelatihan dan pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Berkat Djarum Beasiswa Plus, saya dapat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Medan, Sumatera Utara untuk mengikuti pelatihan Leadership Development. Pelatihan ini sangat membekas dan berperan penting bagi kehidupan saya saat ini. Pemimpin yang baik bukan semata-mata bisa membawa timnya mencapai satu tujuan, tapi juga tentang kerjasama (teamwork) dan komunikasi. Memahami tim dan memberikan beban pekerjaan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan keinginannya akan menjadi nilai tambah bagi tim untuk mencapai tujuan. Komunikasi yang baik juga tidak hanya secara lisan tapi juga melalui tindakan dan perilaku.

 

Djarum Beasiswa Plus membuat saya juga bisa membangun jejaring dengan mahasiswa/i berprestasi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan masih terhubung dengan baik hingga saat ini walaupun sudah lama menjadi alumni Beswan Djarum. Tidak hanya itu, saya juga mendapatkan banyak pengalaman untuk mengembangkan soft skills dan hard skills. Ini semua sangat berguna, hingga akhirnya saya bisa mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah karena tim Human Resources perusahaan pertama saya tertarik dengan pengalaman saya selama kuliah. Saya pun sangat bersyukur bisa mendapatkan posisi yang bagus di perusahaan dan dapat menjadi pemimpin di tim besar. Sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk bergabung ke sebuah start-up advertising untuk membangun tim dan skala yang lebih besar.

Bagi saya, Djarum Beasiswa Plus adalah akselerator untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Saya mendapatkan banyak bekal sebelum menghadapi dunia kerja atau wirausaha selepas kuliah. Berkat bantuan dari para mentor yang berpengalaman, teman-teman, dan pembina Beswan Djarum. Saya pun lebih percaya diri untuk menjadi pemimpin walaupun dengan kepribadian saya yang introvert.

Terima kasih Djarum Beasiswa Plus, sudah menjadikan kami pemimpin yang memiliki karakter. Sekarang saatnya teman-teman semua merasakan apa yang saya rasakan atau bahkan lebih dari yang saya dapatkan. Selamat berjuang!

1 Juli - 10 September 2021 Tes Interview Online 20 September 2021 Pengumuman Seleksi Beswan Djarum 2021/2022