Profil alumni

AMELIA RACHIM

Jewelry Designer
Italia

Beswan Djarum 2006/2007

"Jangan takut berbeda. Jadilah diri sendiri, apa adanya."

Kiprah Amelia Rachim sebagai desainer perhiasan muda dari Indonesia sudah tak diragukan lagi dalam industri fashion dunia. Karya-karya briliannya berhasil menarik perhatian dan telah digunakan oleh sejumlah artis internasional, seperti Kristin Chenoweth pemenang Emmy Award saat tampil di acara Oprah TV Show hingga digunakan oleh penyanyi Indonesia, Anggun. C Sasmi.

Amelia turut didapuk sebagai pemenang termuda dalam sebuah kompetisi desain bertajuk Design Time pada September 2011 yang diselenggarakan oleh BREIL, sebuah ikon merek jam dan perhiasan ternama di Italia. Ia menjadi satu-satunya desainer dari Indonesia yang berlaga bersama 3037 desainer dari 96 negara.

amel-artikel-1

Amelia Rachim merupakan alumni Beswan Djarum 2006/2007 dari Institut Teknologi Bandung jurusan Desain Produk. Saat ini ia menetap di Italia dan bekerja sebagai Jewelry Designer (Collaborator/Associate Designer) di beberapa industri perhiasan di Italia (AMJ Design Sas., Novarank Srl., Manca Gioielli Snc., Marakò Gioiello Italiano Srl.) serta Kanada (Mejuri Inc.). 

Amelia tidak pernah menyangka dapat bergabung menjadi salah satu alumni penerima program Djarum Beasiswa Plus sebab saat pertama kali mendaftar yang ia cari adalah tantangan sekaligus aktivitas baru. 

"Awalnya hanya sekedar iseng karena merasa nilai dan prestasi saya memenuhi persyaratan pendaftaran tetapi akhirnya usaha tidak pernah menghianati hasil, saya berhasil sampai pada tahap akhir seleksi. Saya ingat sekali saat seleksi tes psikologi, saya berhasil menyelesaikan jauh sebelum waktu dinyatakan habis sehingga sempat terbesit apakah jawaban saya salah. Tetapi kepercayaan diri memang harus dimiliki, saya cuek dan yakin pada kemampuan saya. Tidak perlu takut berbeda, itu kuncinya", jelasnya.

Sejak akhirnya dinyatakan lolos sebagai salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus, Amelia begitu bersyukur karena mendapatkan teman-teman, pengalaman, dan aktivitas yang baru. Mengunjungi tempat-tempat berbeda untuk belajar dan gali ilmu bermanfaat. 

Setelah lulus dari perkuliahan, Amelia merasa bahwa soft skills yang diberikan selama menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus begitu berguna khususnya di bidang pekerjaan. Bagaimana soft skills menghantarkannya pada kemampuan untuk memahami passion diri, cita-cita, dan juga sikapnya dalam menantang zaman.

Selain di dunia kerja, pengalaman demi pengalaman membawa Amelia untuk tidak gampang menyerah dan percaya dengan kemampuannya. Dari yang awalnya cenderung introvert dan pemalu, saat ini dapat mengolah keberaniannya untuk terus maju mempertahankan passion-nya. "Saya masih ingat momen terendah dalam hidup saya adalah ketika baru saja lulus kuliah Master Degree in Jewellery Engineering dari Politecnico University di Torino (POLITO) dan mencari pekerjaan kesana kemari namun tidak satu pun yang berhasil. Selalu tersandung problem birokrasi, bahasa, dan kadang juga berhadapan dengan orang-orang yang rasis atau pun menganggap remeh ras Asia", ungkapnya.

Disana Amelia belajar untuk terus berjuang apapun yang terjadi. Wawancara demi wawancara ia jalani dan kini tentu membuahkan hasil yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa apa yang ia miliki saat ini jadi proyeksi panjang cita-citanya yakni ingin menjadi duta Indonesia di kancah internasional.

amel-artikel-2

Perjuangan untuk bertahan di negara orang adalah momen belajar terbaik bagi siapapun untuk menaikkan kualitas diri. Karyanya yang bertajuk Zamrud Khatulistiwa menjadi sorotan publik karena begitu orisinil dan mengangkat nilai budaya serta kecantikan Indonesia di kancah dunia. Karakter kuat Indonesia terpancar sebagai inspirasi Amelia mendesain karya-karya lainnya seperti “Garuda” dan “Bromo”.

amel-artikel-3

"Saat itu menjadi momen dimana saya akhirnya bisa menunjukkan siapa saya yang sebenarnya kepada orang-orang yang pernah meremehkan saya. Sekali lagi, menjadi diri sendiri, apa adanya", tambah Amelia.

Bekal soft skills yang telah ia dapatkan selama ini tentu masih relevan dengan kondisi dunia sekarang dimana menjadi pribadi yang kuat dan mandiri adalah kunci agar segala visi hidup tercapai. "Menurut saya soft skills tentu berperan aktif dalam membentuk siapa diri kita sekarang. Untuk saat ini mungkin juga butuh ditambahkan pendidikan soft skills seputar entrepeneurship khususnya di bidang desain dan digital mengingat sedang memuncaknya pertumbuhan start-up di kancah nasional maupun internasional", ungkap Amelia.

amel-artikel-4

Berkeliling dunia dan menjalani passion yang dimiliki menjadikan Amelia Rachim tetap menjadi sosok yang mawas diri. Ia tetap menjalin komunikasi dengan para alumni Djarum Beasiswa Plus dan bertukar informasi. "Sekarang teman-teman Beswan Djarum sudah memiliki profesi masing-masing yang tentu berbeda, jadi punya referensi dari bidang yang berbeda-beda juga. Contohnya ketika desain saya ditiru orang, waktu itu saya butuh saran dari teman-teman di bidang hukum. Untungnya ada teman alumni yang memberi beberapa petunjuk. Kadang jadi merasa punya konsultan pribadi juga", ungkapnya tentang manfaat jalin relasi sesama alumni.

Sejauh apapun perjalanan yang telah dialami Amelia, ia tidak pernah lupa akar budaya bangsa dan terus berusaha mengharumkan nama bangsa melalui karyanya. Berbagi kisah inspiratif turut dilakukannya termasuk pada November 2016 yakni bertemu ratusan penerima Djarum Beasiswa Plus 2016/2017 pada acara Nation Building, di kota Semarang. Amelia berpesan kepada adik-adiknya bahwa kemajemukan dan keberagaman Indonesia tidak seharusnya menjadi sumber perpecahan, akan tetapi harus terus dijaga karena itulah keunikan bangsa Indonesia. “Pilihannya hanya 2, menjadi generasi yang menghardik perubahan atau generasi yang menciptakan perubahan. Pilihan di tangan kita”, jelas Amelia.

amel-artikel-5

"Satu quote yang saya suka sekali adalah the most beautiful makeup of a woman is passion. But cosmetics are easier to buy oleh Yves Saint Laurent. Karena perempuan dengan passion menurut saya jauh lebih menarik dibanding yang cantik atau bermakeup. Harus terus berjuang raih apa yang diimpikan", tutup Amelia.

 

Jangan pernah menyerah bergerak untuk mimpimu!

21 November 2018 - 22 Desember 2018 Character Building Beswan Djarum 2018/2019