<< Kembali

2017-05-03 01:30:00

Belajar Integritas, Kerjasama, dan Menghormati Aturan Dalam Paintball

Dua kelompok memperebutkan total 20 pita dengan berbekal 15 peluru cat. Ketegangan bercampur keseruan, pertahanan dipadukan dengan penyerangan, kerjasama dan komunikasi menjadi andalan. Serunya kegiatan Paintball menjadi salah satu aktivitas yang dijalani Beswan Djarum 2016/2017 dengan penuh semangat dalam pelatihan soft skills Character Building.

Pelatihan soft skills Character Building adalah pelatihan kedua yang diterima Beswan Djarum 2016/2017. Sebelumnya, Beswan Djarum 2016/2017 mengikuti pelatihan soft skills Nation Building yang bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan yang mereka miliki. Pada pelatihan soft skills Character Building, Beswan Djarum 2016/2017 diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian acara tanpa terkecuali.

“Acaranya seru banget!” ujar Hanny Atalie Dethasya, mahasiswi asal Universitas Paramadina, ketika ditanya pendapatnya mengenai kegiatan yang dia jalani. Meski sempat berpikir bagaimana caranya mengatur waktu agar kegiatan perkuliahan dan kegiatan pelatihan bisa berjalan beriringan, Hanny tetap berusaha menjaga komitmennya untuk mengelola waktu sebaik mungkin sebagai bukti determenasinya mengikuti seluruh rangkaian pelatihan Djarum Beasiswa Plus. Usai menjalani pelatihan, Hanny merasa puas sekaligus bangga karena ekspektasinya untuk menjalani kegiatan yang seru, menambah teman, dan meningkatkan kualitas diri bisa tercapai.

Sementara itu, Aya Aulia asal Universitas Widyatama berpendapat, “Seluruh kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan soft skills Character Building menguji kualitas diri, menguji sejauh mana kita bisa melampaui batasan yang ada untuk melakukan berbagai hal yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya.”

Untuk Aya, salah satu kegiatan yang baru pertama kali ia lakukan dalam pelatihan soft skills Character Building adalah permainan Paintball.

Permainan ini merupakan simulasi bertempur menggunakan senjata paintball dengan peluru cat.  Didalamnya terkandung pembelajaran menghormati aturan, integritas serta keadilan.

Meskipun sempat bingung mengenai cara dan aturan bermain di tengah cuaca dingin dan hujan, Aya dan rekan sekelompoknya menjalani permainan ini dengan kompak. Usai menjalani permainan Paintball, Aya menyadari bahwa permainan tersebut memiliki banyak sekali nilai positif.

“Permainan Paintball melatih kita secara berkelompok untuk mengatur strategi terlebih dahulu sebelum menghadapi sebuah situasi. Selain itu, Paintball juga mengajarkan kami untuk mampu berkomunikasi dengan baik meskipun dalam keadaan yang tidak kondusif. Susah memang awalnya tetapi permainan ini menurut saya juga melatih kita secara pribadi untuk bisa mempercayai kemampuan diri sendiri dan rekan setim,” kata Beswan Djarum yang merupakan mojang asli Kota Bandung.

Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan soft skills Character Building tidak sekadar mendidik karakter peserta pelatihan. Bagi Hanny, semua kegiatan yang terdapat dalam program pelatihan ini memiliki makna yang mendalam.

“Makna yang paling terasa setelah menjalani pelatihan ini adalah belajar untuk tidak mudah menyerah. Untuk mengimplementasikannya, saya harus lebih rajin dan tekun dalam menjalankan berbagai kegiatan. Rasanya akan sia-sia jika kita tidak memanfaatkan ilmu yang kita dapat dari pelatihan ini ke dalam kehidupan kita sehari-hari,” begitu kesan Hanny secara keseluruhan mengenai pelatihan soft skills Character Building yang baru saja dia jalani pada awal bulan Desember lalu.

Beswan Djarum 2016/2017 dengan latar belakang yang berbeda dari berbagai penjuru Nusantara ditempa mentalnya agar menjadi pemimpin bangsa yang tidak mudah menyerah menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Pada kegiatan pelatihan soft skills Character Building lalu, Beswan Djarum 2016/2017 melepas semua kebiasaan buruk, membuka diri terhadap hal baru, dan menemukan potensi diri yang sebelumnya tidak mereka sadari.