<< Kembali

2017-05-19 07:00:00

BERKARYA NYATA DENGAN MENCIPTAKAN PERUBAHAN BERKELANJUTAN

Beswan Djarum 2016/2017 telah menerima berbagai program pelatihan soft skills dari Djarum Beasiswa Plus . Setelah mendapatkan wawasan kebangsaan dalam pelatihan soft skills Nation Building, mendapatkan pendidikan karakter kuat yang luhur dan mandiri dalam Character Building, dan pelatihan untuk menjadi pemimpin yang mampu memotivasi dan membawa perubahan positif kepada para pengikutnya dalam Leadership Development, Beswan Djarum diberi kesempatan untuk mengaplikasikan semua pelatihan yang telah didapat melalui program Community Empowerment.

Dalam program Community Empowerment tahun ini, Djarum Beasiswa Plus mengambil tema “10 Ideas, 211 Days: Making Sustainable Change Happen”. Ide-ide yang terpilih dalam program ini mencakup beberapa tema besar seperti pengolahan pangan dan kewirausahaan produk pangan serta industri kreatif, pengembangan sumber pangan berbasis hidroponik, pengembangan komunitas perkotaan, serta pengembangan tanaman obat tradisional. Pelaksanaan program ini akan berjalan secara serentak di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, hingga Lampung dan Makassar sepanjang tahun 2017.

Dalam program ini, Beswan Djarum belajar untuk terjun langsung ke masyarakat untuk melihat dan memetakan berbagai permasalahan sosial, ekonomi, atau lingkungan yang terjadi di sekitar. Dengan begitu, mereka ditantang untuk menciptakan sebuah solusi yang sifatnya berkelanjutan. Dalam prosesnya, Beswan Djarum belajar secara langsung bagaimana cara bermitra dengan komunitas atau organisasi lokal dalam merumuskan dan melaksanakan solusi berkelanjutan yang berbasis komunitas.

Ananda Nugraha dari Universitas Hasanuddin, Beswan Djarum 2016/2017, merasa bersyukur ide yang digagas kelompoknya bisa terpilih dan dijalankan dalam program Community Empowerment. “Kami senang ide kami terpilih untuk diimplementasikan dalam program Community Empowerment. Kami berharap ide kami bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Ananda Nugraha bersama Ahmad Rafif Raya menghadiri Lokakarya Pre-Implementasi Community Empowerment pada bulan Februari 2017 mewakili rekan-rekan sekelompoknya. Mereka memiliki ide untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan mengembangkan produksi jamur tiram. Mereka menggagas kerjasama dengan mitra lokal agar mampu mengembangkan program berkelanjutan kepada masyarakat sekitar.

Semangat berkarya untuk bangsa, Beswan Djarum!