<< Kembali

2017-05-19 08:00:00

MENCARI INSPIRASI, MEMBANGUN SINERGI DALAM LOKAKARYA PRE-IMPLEMENTASI COMMUNITY EMPOWERMENT 2017

Sepuluh ide dari Beswan Djarum 2016/2017 dalam rangka berkarya untuk bangsa telah terpilih. Djarum Foundation memfasilitasi mereka dalam kegiatan lokakarya Pre-Implementasi Community Empowerment 2017. Tujuannya memberikan pengalaman dan wawasan agar lebih siap mengimplementasikan ide masing-masing sehingga tercapai solusi berkelanjutan yang berbasis komunitas.

Dalam lokakarya ini, Djarum Foundation mengundang Beswan Djarum mengikuti sesi presentasi dan diskusi yang difasilitasi para praktisi berpengalaman. Selain itu, Beswan Djarum juga berkesempatan mengunjungi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Yayasan KEHATI, Yayasan KUMALA, dan  Rumah Perubahan. Ketiga nya dipilih dalam upaya memberikan inspirasi serta ilmu baru bagi Beswan Djarum dalam menjalankan programnya dan menjadi menjadi contoh nyata di lapangan.

Di lokasi binaan Yayasan KEHATI, yakni Yayasan KUMALA di Jakarta Utara, Beswan Djarum mendapatkan pengetahuan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan dalam program Community Empowerment membutuhkan perencanaan yang matang dan inklusif agar program berkembang secara efektif.

Kunjungan ini  menggugah semangat Beswan Djarum untuk menjadi Agent of Change. Ide pemberdayakan masyarakat bisa dimulai dengan permasalahan yang bersifat grass root, seperti pengelolaan sampah berbasis komunitas.

Sementara itu, kunjungan berikutnya ke Rumah Perubahan yang digagas Prof. Rhenald Kasali membuka mata Beswan Djarum bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan secara sinergi oleh banyak pihak. Rumah Perubahan sendiri telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun Taman Bacaan/Manca, PAUD/TK Kutilang, dan Rumah Tempe. Banyak kaum muda juga terlibat dalam perubahanmisalnya oleh Roots Lab, IndonesiaX.com, dan kitabisa.com.

Berkaca pada berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di Rumah Perubahan, Prof. Rhenald berpesan agar Beswan Djarum berkomitmen menjalankan program Community Empowerment agar membantu penyelesaian berbagai permasalahan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terjadi di masyarakat,  dengan solusi yang berkelanjutan.

Lokakarya Pre-Implemantasi Community Empowerment 2017 dirasakan manfaatnya bagi para peserta.

 

R Adhi Bima Satria dari Universitas Pembangunan Nasional Surabaya, Beswan Djarum 2016/2017, menjelaskan, “Yayasan KEHATI menyemangati kami untuk serius menjalankan program kami agar tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan sekitar program dijalankan, tapi hingga ke seluruh Indonesia. Setelah kunjungan ke Yayasan KUMALA, saya sadar bahwa hal sekecil apapun jika diberdayakan dengan baik bisa memiliki nilai daya guna bagi masyarakat. Di Rumah Perubahan, Prof. Rhenald menekankan bahwa kerja keras sama pentingnya dengan kerja cerdas,” tutup mahasiswa jurusan Teknik Sipil tersebut.

Semangat berkarya untuk bangsa, Beswan Djarum. Ciptakan solusi berkelanjutan berbasis komunitas demi terwujudnya Indonesia digdaya!