<< Kembali

2023-12-23 07:00:00

4 Cara Glow Up Karakter

Istilah glow up di media sosial seringkali digunakan dalam konteks perubahan penampilan fisik menjadi lebih menarik. Nah sebenarnya, glow up juga bisa digunakan untuk transformasi sesuatu ke arah yang lebih baik, termasuk karakter.

Menurut para pakar dari Personality Change Consortium dalam sebuah artikel di tempo.co, karakter seseorang itu bisa berubah. Faktor penyebab perubahannya bisa beragam mulai dari pengalaman hidup, lingkungan, hingga motivasi.


Berikut 4 cara glow up karakter:

1. Tentukan visi hidup yang ingin dicapai

Buat kamu yang masih bingung bagaimana membuat visi, bisa tonton di video ini: Cara Bangun Visi yang Jelas. Visi bisa bikin hidup kamu lebih bergairah alias enggak gitu-gitu aja. Tantang dirimu untuk mencapai visi tersebut.

Ingat ya, visi harus punya jangka waktu yang jelas. Sehingga kamu tahu langkah-langkah untuk mewujudkan visi tersebut.

2. Tingkatkan rasa percaya diri

Setelah memiliki visi, buatlah daftar kemampuan yang harus kamu miliki untuk mewujudkannya. Mengasah beragam kemampuan bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Tidak hanya kemampuan secara teknis, soft skills juga penting buat diasah. Meski sudah terbiasa berbicara, belajar untuk berbicara di depan umum akan berbeda dengan berbicara bersama teman. Ikuti kelas-kelas menarik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain bisa menambah kemampuan, juga bisa memperluas relasi.

3. Menemui support system terbaik
Karakter orang-orang di sekelilingmu memiliki pengaruh pada karaktermu. Carilah orang-orang yang bisa memberimu dukungan dan sikap positif. Sebaliknya, kamu juga bisa memberi pengaruh positif kepada mereka.

Apabila kamu kesulitan untuk menemukan teman yang positif dan suportif, cobalah untuk menemui orang-orang baru. Misalnya dengan bergabung ke komunitas yang sesuai minatmu atau menjalin koneksi di media sosial.

4. Mulai inisiatif dari hal-hal kecil

Mengubah kebiasaan sehari-hari dan konsisten melakukannya bisa jadi perubahan yang signifikan. Beralihlah pada gaya hidup yang sehat seperti banyak minum air putih dibanding yang mengandung gula, mengurangi begadang yang tidak perlu, sampai rajin berolahraga.

Terlepas dari 4 cara glow up karakter ini, ingat satu hal penting: jangan membandingkan glow up-mu dengan glow up orang lain. Setiap orang memiliki pengalaman dan perjalanan hidup yang berbeda. Termasuk mempunyai visi yang berbeda. Sehingga kamu tidak perlu terbebani dengan pencapaian orang lain.

Percaya deh, setiap orang punya jalan glow up-nya sendiri. Siap untuk glow up karaktermu?
Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).