<< Kembali

2024-01-02 07:00:00

Mengasah Lima Soft Skills Melalui Program Character Building

Salah satu pelatihan keterampilan lunak atau soft skills pertama bagi Beswan Djarum adalah Character Building. Latar belakang diadakan pelatihan Character Building adalah karakter didefinisikan sebagai nilai-nilai perilaku individu yang mendefinisikan mereka sebagai pribadi. Karakter menentukan kualitas seseorang dalam merespon suatu keadaan dan berfungsi sebagai penunjuk arah atau kompas dalam bertindak dan mengambil keputusan. Tanpa memiliki karakter yang baik, akan sulit untuk menghadapi berbagai pilihan dan masalah serta mengambil keputusan. Karakter yang baik akan menuntun kita kemana harus melangkah, mengambil keputusan, dan juga tindakan. Dalam pelatihan ini Beswan Djarum diajak untuk mengalami dan belajar dari pengalamannya untuk meningkatkan 5 soft skills sebagai berikut ini:

1. Curiosity
Curiosity yaitu dorongan untuk selalu ingin tahu, belajar dan berkembang, serta keluar dari zona nyaman sehingga mampu melahirkan gagasan yang lebih baik. Pada pelatihan Character Building, Beswan Djarum diasah kemampuan rasa ingin tahu melalui simulasi yang mendorong untuk mencari tahu lebih dalam dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

2. Initiative
Kemampuan untuk menjadi proaktif dilandasi pada tanggung jawab serta memikirkan sebab akibatnya sebelum keputusan diambil. Beswan Djarum diharapkan mampu menjadi pribadi yang mau bergerak maju dan tidak hanya menunggu. Di pelatihan

Character Building, Beswan Djarum dilatih proaktif dengan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu atau disuruh dan mampu bertindak secara aktif.

3. Persistence/Grit
Merupakan sikap pantang menyerah, gigih, dan memiliki determinasi yang kuat dalam jangka waktu yang lama sehingga mampu bangkit dari kegagalan dan terus berusaha mencapai hasil terbaik. Simulasi pada program pelatihan Character Building melatih ketekunan, daya juang, tahan banting, dan pantang menyerah dalam meraih prestasi. Hakikatnya, sukses bukan hal yang bisa didapat secara instan, tetapi kesuksesan adalah sebuah proses yang dilandasi perjuangan dan sikap pantang menyerah.

4. Adaptability
Kemampuan untuk cepat menyesuaikan diri dan berubah terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Dengan kemampuan beradaptasi, Beswan Djarum diharapkan mampu menyesuaikan perubahan dan tantangan di masa depan. Terdapat simulasi untuk melatih kemampuan beradaptasi Beswan Djarum terhadap perubahan lingkungan dengan mempelajari pola perubahan dari lingkungan itu sendiri.

5. Social & Cultural Awareness
Kemampuan untuk memahami dan menerima segala perbedaan, keragaman serta bersinergi untuk mencapai tujuan. Beswan Djarum diharapkan memiliki empati dan bersinergi dengan orang lain. Pada salah satu simulasi pelatihan, Beswan Djarum dilatih rasa kepedulian dan empati terhadap perasaan dan pengalaman orang lain serta saling menguatkan satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

Lima keterampilan inilah yang harus dimiliki oleh Beswan Djarum untuk menjadi pribadi yang siap menyambut perubahan serta menyongsong abad 21 ke depan. Sebagai calon pemimpin bangsa, Beswan Djarum diharapkan menjadi pribadi yang berkarakter dalam menempuh jalan hidupnya nanti. Pelatihan Character Building akan membekali mereka menjadi generasi tangguh, yang cakap secara intelektual dan emosional sehingga siap membangun Indonesia yang digdaya seutuhnya. Program Character Building Beswan Djarum angkatan 39 sendiri telah dilaksanakan selama bulan November 2023.

Temukan Soft Skill Pedia edisi lainnya.
Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus)