OVERVIEW

Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Bakti Pendidikan adalah salah satu pilar Djarum Foundation yang berfokus menangani program pendidikan.

Selain menjalankan program Djarum Beasiswa Plus kepada mahasiswa strata satu berprestasi tinggi, melalui Bakti Pendidikan, kami juga memberikan bantuan berupa :  

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dan Menengah

2. Peningkatan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan

3. Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi

4. Road to Campus

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Sejatinya, kualitas pendidikan tidak mungkin melebihi kualitas pengajarnya. Filosofi itulah yang mendasari semangat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dan Djarum Foundation untuk memberikan pembekalan bagi guru-guru di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dengan melalui Program Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Pembelajaraan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Dimulai pada tahun 2013, program ini dilaksanakan atas kerjasama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. melalui inisiatif 'BNI Sahabat Sekolah' yang mencakup  2 kegiatan utama, yaitu "Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan" untuk Sekolah Dasar (SD) serta "Pemberdayaan Master Teachers" untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)

Dari program ini diharapkan lahir Sekolah Model untuk Penerapan PAKEM, Manajemen Sekolah yang tertata dengan baik dan sekolah dengan sistem pengembangan profesionalisme yang mandiri dan terstruktur serta terbangunnya sekolah sebagai komunitas pembelajar.

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bakti Pendidikan Djarum Foundation bersama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Kudus tengah menjalankan program pengembangan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. Program ini telah dimulai sejak tahun 2012 dan akan berlangsung hingga tahun 2017 mendatang. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan SMK, sehingga mereka dapat cepat terserap dan berhasil di dunia usaha. Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan minat lulusan SLTP agar memilih Sekolah Menengah Kejuruan sebagai bagian dari kelanjutan studi mereka.


Dari banyak bidang keahlian yang ditawarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan, Djarum Foundation secara aktif berperan serta dalam mengembangkan beberapa kompetensi keahlian yang ada, yaitu:

  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Multimedia, Jasa Boga, Kepariwisataan
  • Tata Busana
  • Teknik Permesinan
  • Teknik Kapal Niaga
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Animasi

Beberapa mitra lain telah bergabung dengan kami dan kedepannya bersama menyiapkan bidang lain untuk membantu menjadikan Indonesia yang lebih baik  

SMK TATA BOGA

SMK Tata Boga

 

SMK TEKNIK MESIN

SMK Teknik Pemesinan

 

SMK TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SMK Teknik Pemesinan

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI

World class University merupakan impian bagi setiap perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menyadari hal itu, Djarum Foundation berupaya mendukung perguruan tinggi di Indonesia untuk mendapatkan predikat sebagai world class University. Salah satu kriteria untuk menuju institusi pendidikan kelas dunia adalah dengan memiliki fasilitas pendidikan yang dapat mendukung kegiatan belajar dan mengajar yang efektif.

Langkah ini direalisasikan dengan memberikan bantuan fasilitas pendidikan kepada beberapa perguruan tinggi di Indonesia: Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Muria Kudus (UMK), dan STIKES Cendekia Utama  Kudus. 

Bantuan fasilitas pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk pembangun gedung perkuliahan baru serta perlengkapan sarana belajar, termasuk laboratorium komputer, Sistem Informasi Elektronik, perpustakaan dan koleksi bukunya, Student Lounge, dan ruang video conference. Bantuan ini diharapkan dapat melengkapi fasilitas belajar mengajar yang setara dengan Perguruan Tinggi kelas dunia.

 

ROAD TO CAMPUS

Road to Campus adalah program pelatihan ketrampilan lunak (soft skills) ke berbagai Perguruan Tinggi yang telah dijalankan sejak tahun 2007.

Program ini diberikan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation sebagai bentuk komitmennya terhadap dunia pendidikan guna memadukan pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai keterampilan dan wawasan agar para mahasiswa di kemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia maupun emosional.

Acara ini dikemas berupa talkshow interaktif dan menarik dengan menghadirkan narasumber terkemuka. Dengan program ini, kami mengharapkan akan lahir generasi muda yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Hingga saat ini, terhitung sudah puluhan ribu mahasiswa di Indonesia yang telah berpartisipasi pada acara ini.

8 April 2017 - 24 Mei 2017 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 1 Juni 2017 - 10 September 2017 Tes Seleksi 14 September 2017 Pengumuman Djarum Beasiswa Plus 2017/2018