Berita

GERBANG MAHASISWA BERPRESTASI MERAIH BERBAGAI SOFT SKILLS

Selasa, 23 Juli 2019

Lebih dari 500 mahasiswa mengikuti proses seleksi Djarum Beasiswa Plus di Surabaya

Surabaya, 23 Juli 2019 – Kualitas generasi muda merupakan salah satu faktor penentu kemajuan Indonesia di masa mendatang. Demi melahirkan pemimpin-pemimpin yang cemerlang di masa depan, Djarum Foundation kembali menyelenggarakan proses seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020. Tes seleksi ini merupakan pintu masuk bagi para mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memperoleh beasiswa berupa dana beasiswa dan rangkaian pelatihan keterampilan lunak (soft skills) selama satu tahun penuh.

Untuk kota Surabaya, proses seleksi Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 digelar di Jatim Expo, pada Selasa, 23 Juli 2019. Lebih dari 500 mahasiswa ikut bergabung mengikuti tes seleksi di Kota Pahlawan ini. Mereka berasal dari kampus-kampus ternama di Surabaya yakni Universitas Airlangga, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Program Associate Bakti Pendidikan Carvey Dominique Sando mengatakan proses seleksi di Surabaya merupakan satu rangkaian dari 50 kota di seluruh Indonesia. Secara nasional, jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri dalam program ini lebih dari 15.000 mahasiswa. “Seluruh mahasiswa berprestasi yang telah memenuhi persyaratan administrasi kami undang untuk bergabung dalam program Djarum Beasiswa Plus dan meraih banyak benefit sebagai bekal di masa depan,” kata Carvey di JX International Convention Exhibition, Surabaya, Selasa (23/7).

Adapun persyaratan dasar yang harus dipenuhi calon peserta Beswan Djarum, antara lain berasal dari perguruan tinggi yang bermitra dengan Djarum Foundation, memiliki IPK minimal 3,00 pada semester III serta aktif berorganisasi. Dalam proses seleksi ini para peserta akan mengikuti rangkaian tes selama 3 hari dengan materi tes yang menitikberatkan pada kemampuan untuk berpikir kritis (critical thinking). Peserta yang berhasil lolos harus mengikuti tes lanjutan yakni Group Assignment Test (GAT) serta wawancara individu.

Antusiasme mahasiswa untuk mengikuti rangkaian Seleksi Beswan Djarum 2019/2020 terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar dari kampus-kampus besar di Surabaya. Menurut Primadi, hal ini tak lepas dari sikap generasi muda saat ini yang semakin kritis dan tertarik mengembangkan keterampilan lunak (soft skills), selain dari sisi akademik yang didapatkan di perguruan tinggi.

Setelah mendapatkan hard skills atau pencapaian akademik dari kampus, Beswan Djarum dapat menyelaraskan dengan soft skills yang diperoleh. Hal ini sangat berguna untuk bekal di kemudian hari serta pengembangan diri dan karakter saat para Beswan Djarum menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang cakap baik secara inteligensia dan emosional,” jelas Carvey.

Pada program Djarum Beasiswa Plus, penerima beasiswa yakni Beswan Djarum akan menerima beragam soft skills seperti Character Building yang bertujuan untuk membekali karakter para Beswan Djarum dengan enam kualitas dasar seperti keingintahuan, inisiatif, kegigihan, adaptabilitas, kepemimpinan dan kesadaran akan isu sosial serta budaya. Lalu, ada pula Leadership Development yang melatih para Beswan Djarum menjadi pemimpin yang visioner, komunikatif dan mampu menggerakkan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Selain beragam soft skills tersebut, Beswan Djarum juga mendapat kesempatan menunjukkan kompetensi mereka dengan berbagai kompetisi seperti Writing Competition dan Vlog Competition. Para Beswan Djarum juga bisa melangkah lebih jauh ke kancah internasional melalui program International Exposure yang memberikan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan kompetisi berskala internasional.

Tak berhenti di sana, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke masyarakat melalui Community Empowerment sehingga mendorong masyarakat melahirkan solusi terhadap masalah sosial, ekonomi atau lingkungan di sekitar tempat mereka berada. Di akhir periode, Beswan Djarum akan menerima pembekalan berupa Nation Building yang bertujuan menguatkan wawasan kebangsaan terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.

Dengan beragam soft skills yang ada dalam Djarum Beasiswa Plus ini, kami berharap di masa mendatang Indonesia memiliki generasi yang semakin berkualitas sehingga bisa membawa bangsa ini semakin maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya,” tutup Carvey.

Selain Surabaya, seleksi Djarum Beasiswa Plus di kawasan Jawa Timur juga dilakukan di Jember, Malang dan Sumenep. Tes serupa dilakukan pula di Indonesia bagian Timur seperti di Papua, Ambon & Maluku, Sulawesi serta Bali & Nusa Tenggara.

berita terkait

1 Agustus - 30 September 2019 Pendaftaran Djarum Foundation ke Harvard World MUN Conference 2020 17 Juni - 24 Agustus 2019 Tes Seleksi Tertulis Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 9 September 2019 Pengumuman Beswan Djarum 2019/2020 15 dan 16 September 2019 Community Empowerment Desa Wisata Kiringan di Yogyakarta 4-9 Oktober 2019 Nation Building Beswan Djarum 2018/2019 19 Oktober 2019 Pengumuman Delegasi Djarum Foundation Harvard World MUN Conference 2020 November 2019 - Februari 2020 Pelatihan Delegasi Djarum Foundation ke Harvard World MUN Conference 2020 15 - 22 Maret 2020 Keberangkatan ke Harvard World MUN Conference 2020, Tokyo, Jepang