Berita

SAATNYA BERSIAP MENCIPTAKAN PERUBAHAN

Selasa, 08 Mei 2018

Kehidupan membawa perubahan, persoalan dan tantangan yang membutuhkan solusi tepat untuk perubahan lebih baik.  Di Djarum Beasiswa Plus, Beswan Djarum diberikan bekal untuk mampu menjawab tantangan dan melakukan perubahan yang berkelanjutan dan mampu menyebar pada aksi perubahan.

Banyak orang berpikir ulang untuk melakukan perubahan karena rentan dengan kegagalan. Padahal, suatu perubahan sangatlah penting terutama agar kita selalu relevan dan cakap menghadapi tantangan zaman.

Menurut Roxi Bahar Hewertson, CEO of Highland Consulting Group, Inc., dalam bukunya yang bertajuk Lead Like It Matters, ada empat hal yang harus kita persiapkan agar bisa menjadi seseorang yang mampu membawa perubahan.

 

Penguasaan Diri

SAATNYA BERSIAP MENCIPTAKAN PERUBAHAN

Sebelum kita terjun langsung ke masyarakat, langkah pertama yang harus kita lakukan ialah mengenal lebih dalam diri kita. Apa tujuan, nilai, dan visi pribadi kita. Kita bisa memulainya dengan mengenal kekuatan, kelemahan, serta dorongan dari dalam diri kita.

Melalui penguasaan terhadap diri ini, kita bisa menemukan diri kita yang autentik. Hal inilah yang kemudian memperkuat visi kita untuk membawa diri ke dalam masyarakat.

 

Penguasaan Interpersonal

SAATNYA BERSIAP MENCIPTAKAN PERUBAHAN

Relasi menjadi hal yang sangat krusial dalam hidup kita. Selagi muda, membangun jejaring seluas-luasnya adalah kesempatan yang tak boleh dilewati. Hubungan interpersonal bisa terbangun apabila kita mampu menguasai simpati dan empati terhadap orang ada di sekeliling kita.

Begitu terjalin hubungan interpersonal, kita bisa mengomunikasikan visi personal kita kepada orang lain mengenai perubahan yang hendak kita lakukan. Kegagalan mengomunikasikan visi, semisal ada kesalahpahaman bisa berakibat fatal. Kita harus benar-benar mengenal siapa lawan bicara kita, sehingga kita bisa menyesuaikan  bahasa yang digunakan. Baik secara tertulis maupun lisan.

 

Penguasaan Tim

SAATNYA BERSIAP MENCIPTAKAN PERUBAHAN

Apabila kita ingin melakukan perubahan di masyarakat, kita tidak akan bisa melakukannya seorang diri. Maka hubungan interpersonal yang telah dibangun tadi, mestilah kuat dan mampu terwujud menjadi sebuah tim.

Dalam tim, kita akan bertemu dengan beragam karakter orang. Tim yang kuat akan dengan mudah mewujudkan visi bersama. Tentu dalam membangun tim, kita juga harus membunuh ego pribadi yang bisa merusak kebersamaan. Oleh karena itu, tiap dinamika yang terjadi, seluruh anggota tim haruslah dilibatkan dalam mengambil keputusan.

 

Penguasaan Budaya dan Sistem

SAATNYA BERSIAP MENCIPTAKAN PERUBAHAN

Di tahap ini, pastikan bahwa solusi yang hendak tim kita tawarkan pada masyarakat tidak bersebrangan dengan budaya dan sistem yang berlaku. Maka, dibutuhkan setidaknya observasi dan dialog yang intens terhadap masyarakat agar kita benar-benar paham apa yang dibutuhkan.

Kita mesti jeli melihat, apakah ada sistem tertentu yang menghambat masyarakat untuk lebih maju. Bila ditemukan, maka bagaimana solusi yang tepat dan sesuai.

 

Siapkah Membawa Perubahan ?

Nah, sudahkah kamu mempersiapkan diri menjadi sosok yang mampu membawa perubahan?

Memberikan soft skills yang melatih kepemimpinan  yang membawa perubahan, itulah salah satu program Djarum Beasiswa Plus.  Penerimanya yaitu Beswan Djarum akan diberikan beragam pelatihan soft skills guna menjadi bekal kecerdasan emosional yang menserasikan kecerdasan intelektual  di masa depan, apapun pilihan karirnya nanti.

Leadership Development mengasah kepemimpinan Beswan Djarum melalui pembekalan Emotional Intelligence, Articulating Vision, Effective Communication sert a hingga Motivating Others. Materi-materi yang diberikan pakar di bidangnya merupakan bekal penting untuk membangun jiwa kepemimpinan yang visioner, komunikatif, serta mampu memotivasi tim menuju perubahan lebih baik.

Cari tahu lebih banyak program soft skills Djarum Beasiswa Plus di  www.djarumbeasiswaplus.org

Kembangkan kepemimpinan yang terdepan membawa perubahan melalui Leadership Development dengan mendaftarkan diri menjadi Beswan Djarum 2018/2019 di www.djarumbeasiswaplus.org. Kenali juga program-program Djarum Beasiswa Plus di sini serta update program di serta media akun resmi Instagram @djarumbeasiswaplus, Facebook Page Djarum Beasiswa Plus, Twitter @BeswanDjarum  serta youtube Djarum Beasiswa Plus.  

 

berita terkait

17 Juni - 24 Agustus 2019 Tes Seleksi Tertulis Djarum Beasiswa Plus 2019/2020 9 September 2019 Pengumuman Beswan Djarum 2019/2020