Artikel

Tak Mudah Patah dan Menyerah

Jumat, 13 Desember 2019

Generasi masa kini sering diidentikan dengan cari gampang dan instan. Namun stereotip tersebut dipatahkan oleh Beswan Djarum 2019/2020 dalam pelatihan Character Building. Mereka terus diasah agar tidak mudah patah dan menyerah.

"Pembangunan karakter itu penting agar anak muda punya kapasitas yang lebih besar, tangguh dan hebat daripada sebelumnya," terang salah satu pelatih, Ronny.

Salsa Melania Quina menceritakan pengalamannya tergabung dalam batch V. "Di sini kita dibiasakan untuk disiplin, tepat waktu, dan sigap. Kita dilatih harus bertanggung jawab dan berani mengakui kesalahan," kisah Quin, mahasiswa Universitas Sriwijaya tersebut.

Senada dengan Quin, Beswan Djarum asal Universitas Jenderal Achmad Yani, Tiara Damara momen paling membuatnya takut. "Ketika harus tiarap di lumpur. Aku merasa insecure, apalagi dengan berat badanku. Tadinya aku takut tidak bisa melakukannya. Tapi aku terus berusaha dan ternyata aku bisa," cerita Tiara.

Pelatihan ini dijadikan bekal yang dibawa pulang dan akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para Beswan Djarum. "Menurut aku, dari Character Building ini hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memaknai setiap proses dari apa yg kita lakukan. Dari games yang dilakukan itu gimana kita bisa mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari hari. Contohnya juga ketika ada bom, kita harus cepat-cepat tiarap, kita harus cepat mengambil keputusan, sigap, dan tanggap. Setelah ini, aku akan lebih disiplin dan bertanggung jawab," jelas Quin.

Character Building tidak hanya berbicara mengenai diri sendiri, tapi juga bagaimana sebuah kerja sama tim terjalin. Para pelatih memberikan penghargaan berupa Red Ribbon untuk tim-tim terpilih.

Kerja sama tim yang baik akan menghasilkan strategi yang baik. Hal ini yang membawa kelompok Talytakum Suryah Naibaho dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, mendapat penghargaan Red Ribbon untuk putri. "Anggota kelompok kami ada yang takut ketinggian tapi kami semua memberi semangat akhirnya dia bisa menyelesaikan tantangan dan mengalahkan ketakutannya," ucap Tata.

Tidak hanya untuk diri sendiri, Tata akan membawa apa yang didapatnya ke himpunan di kampus. "Kebetulan saya ketua himpunan jadi saya akan mencoba menerapkannya secara langsung."

Untuk mengetahui kegiatan Djarum Beasiswa Plus lainnya, ikuti terus akun resmi media sosial Djarum Beasiswa Plus: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus)

Artikel terkait

21 - 27 April 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 16-17 Mei 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Nasional 27 Maret - 30 Mei 2024 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025