Profil alumni

I Ketut Dharma Putra Yoga

Lawyer
Budidjaja International Lawyers

Beswan Djarum 2015/2016

"Djarum Beasiswa Plus telah memberikan kesempatan yang sangat luas kepada siapa pun untuk berkembang, bahkan kepada saya yang berasal dari kampus kecil di Sumatera."

Djarum Beasiswa Plus merupakan satu-satunya beasiswa yang sangat ingin saya dapatkan sejak pertama kali saya memasuki dunia perkuliahan tahun 2014 silam. Hal yang membuat saya sangat tertarik dengan Djarum Beasiswa Plus adalah program-programnya yang sangat membangun, yakni Nation Building, Character Building, Leadership Development, Community Empowerment, Writing Competition, hingga International Exposure.

Beruntungnya, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti semua program dan menjadi satu-satunya penerima beasiswa di angkatan saya yang mengikuti semua program tersebut. Tak dapat saya pungkiri bahwa seluruh program tersebut telah berkontribusi sangat besar dalam membentuk diri saya seperti saat ini. Sebagai contoh, program Community Empowerment dan Writing Competition telah mengajarkan saya menjadi individu yang peka terhadap masalah sekitar dan dituntut kritis dalam mengidentifikasi solusi untuk menyelesaikan masalah sekitar. Segala pengalaman yang saya dapatkan saat menjadi Beswan Djarum menjadikan saya pribadi yang matang untuk terjun ke dunia profesional.

 

Pada tahun 2018, saya memutuskan untuk bekerja di salah satu firma hukum di Jakarta, yang sebagian besar kliennya adalah perusahaan asing dan multinasional. Saya menghabiskan waktu lebih dari 15 jam setiap harinya untuk bekerja, mulai dari menyiapkan nasihat-nasihat hukum untuk klien, melakukan riset hukum, hingga menulis artikel mengenai isu-isu hukum di Indonesia maupun internasional. Firma hukum mengajarkan saya bahwa selain memiliki kemampuan akademik yang mumpuni, saya juga dituntut untuk selalu siap bekerja di bawah tekanan yang tinggi serta harus memiliki kemampuan leadership yang baik.

Saya mampu melalui hari-hari saya bekerja di firma hukum berkat keterampilan-keterampilan yang saya dapatkan saat mengikuti berbagai pelatihan di Djarum Beasiswa Plus. Sebagai contoh, Character Building membentuk saya menjadi pribadi yang percaya diri dan mampu mengontrol diri dalam tekanan, Leadership Development mempertajam leadership skills saya, Writing Competition dan International Exposure mengasah kemampuan menulis, riset, serta public speaking saya. Bahkan saat ini saya aktif menulis artikel-artikel hukum di media-media internasional seperti The Jakarta Post dan Asia Times. Saya merasa Djarum Beasiswa Plus memiliki “paket pelatihan lengkap” karena mampu memberikan hal-hal yang sangat berguna untuk kehidupan pribadi maupun profesional, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Selama 3 tahun bekerja di firma hukum, saya banyak menangani kasus-kasus pelayaran dan perdagangan internasional. Saya sadar, bahwa sebagai negara maritim, ternyata perkembangan hukum pelayaran komersial Indonesia masih sangat jauh dari cukup. Hal ini mendorong saya untuk melanjutkan studi S2 di Inggris, negara yang hukum pelayarannya dapat dikatakan terbaik di dunia. Saya melanjutkan studi di Queen Mary University of London, jurusan International Shipping Law, dengan beasiswa British Chevening Awards dari Pemerintah Inggris. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang sangat bergengsi di dunia yang ditujukan untuk calon-calon pemimpin masa depan dan seleksinya pun sangat kompetitif, di mana pada tahun 2020, lebih dari 64.000 pendaftar dari seluruh dunia, namun hanya 2%-nya saja yang diterima.

Menariknya, pada saat proses seleksi beasiswa Chevening ini, saya menjelaskan salah satu pengalaman leadership saya, yakni saat memimpin kegiatan Community Empowerment di Lampung pada tahun 2017 yang sepenuhnya didukung dan diawasi oleh Djarum Beasiswa Plus. Saya tidak menyangka sama sekali bahwa apa yang saya lakukan di masa lalu bersama Djarum Beasiswa Plus memberikan keberuntungan kepada saya yang akhirnya merubah hidup saya.

Ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Djarum Foundation atas segala kesempatan yang diberikan. Program Djarum Beasiswa Plus memberikan kesempatan yang luas kepada siapa pun untuk berkembang, bahkan kepada saya yang berasal dari kampus kecil di Sumatera. Tanpa ragu sedikitpun, saya sangat mendukung teman-teman mahasiswa untuk mendaftarkan diri menjadi bagian dari Djarum Beasiswa Plus.

31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025