Profil alumni

TEUKU JOHAR PRATAMA

Production Technology Development SPV
Japanese Company

Beswan Djarum 2012/2013

Menjadi bagian dari keluarga besar Beswan Djarum ialah sebuah "titik" terpenting dalam hidup saya. Semua soft skill yang saya butuhkan dalam pekerjaan saat ini, hampir seluruhnya saya dapat dari program-program inspiratif Djarum Beasiswa Plus. Saya belajar bagaimana untuk bisa secara cepat beradaptasi dan berkerja sama dengan lingkungan serta orang-orang baru dari pelatihan Nation Building. Disana kita pertama sekali dipertemukan dengan 500-an teman-teman Beswan Djarum dari seluruh Indonesia dengan berbagai keragaman latar belakang budaya dan agama untuk dapat menciptakan suatu pertunjukan panggung spektakuler dalam waktu kurang dari 1 minggu. Kemudian melalui pelatihan Character Building kita juga mengasah team work, mengesampingkan "Ego Pribadi" demi mencapai tujuan tim. Dan pelatihan yang tidak kalah penting ialah Leadership Development yang ilmunya sangat berguna! Communication skill yang saya dapat saat itu dari Rosiana Silalahi masih saya pakai sampai detik ini dan memiliki dampak besar dalam perjalanan karir saya.

Saat ini saya berkerja di salah satu perusahaan Jepang yang berbasis di Karawang, Jawa Barat. Pada awalnya saya tidak mengetahui apapun tentang budaya kerja Jepang sampai saya masuk ke perusahaan ini sebagai Production Engineer. Ternyata budaya kerja dan cara berfikir di perusahaan Jepang sangat jauh berbeda dari perusahaan-perusahaan multinasional yang pernah saya tempati sebelumnya dan hal ini membuat saya sadar kenapa Jepang dapat bangkit menjadi negara maju dalam waktu yang sangat singkat selepas Perang Dunia II. Bermodalkan soft skills yang saya dapat dari Djarum Beasiswa Plus, saya beradaptasi dengan cepat terutama terkait dengan perubahan cara kerja dan pola pikir, sehingga pada tahun ke-3 saya dimutasi ke perusahaan induk di Jepang untuk berkerja sambil belajar berbagai hal seperti digital transformation, 4.0 technology, factory management, process design and engineering, dan lain sebagainya selama 2 tahun.

Tentunya mendapat kesempatan berkerja di Jepang bersama dengan orang-orang Jepang merupakan pengalaman emas yang tidak tergantikan. Banyak kesulitan yang telah saya lewati mulai dari bahasa, makanan, perbedaan budaya dan tekanan untuk dapat menguasai suatu hal dengan cepat. Selain laporan bulanan yang harus ditulis dalam bahasa jepang, setiap 3 bulan sekali saya harus mempresentasikan hasil training ke top level management yang ada di Indonesia dan top level management yang ada di Jepang menggunakan bahasa Jepang. Hal ini awalnya sungguh sangat menegangkan bagi saya, namun karena "mental berani tampil" saya telah ditempa saat menjadi Beswan Djarum dulu, alhamdulillah dapat dilewati dengan hasil yang memuaskan. Satu lagi hal yang paling berkesan selama di Jepang ialah bagaimana orang jepang sangat menghargai waktu. Bukan hanya waktu bagi dirinya sendiri, tetapi orang jepang akan selalu berusaha agar tidak membuang-buang waktu orang lain, sehingga waktu yang digunakan menjadi sangat efisien dan produktif. Ini mengingatkan saya saat mengikuti pelatihan Character Building dimana kita dilatih untuk disiplin dan menyelesaikan semua tugas dalam tenggat waktu yang telah ditentukan.

Di awal tahun 2022 ini saya baru saja dimutasi kembali ke Indonesia. Saya ditugaskan untuk memimpin tim pengembangan teknologi produksi untuk menghadapi persaingan global yang serba digital. Sebuah tantangan baru lagi bagi saya dan saya yakin hasil proses panjang dari masa menjadi Beswan Djarum dan pengalaman yang saya dapat di Jepang, saya akan dapat melewati tantangan ini dan dapat berkembang lebih jauh lagi.

Untuk adik-adik yang telah menjadi Beswan Djarum, selamat karena kalian sedang berada di track yang benar, manfaatkan semua pelatihan yang ada, jadilah Beswan Djarum yang aktif! Ini kesempatan kalian membangun koneksi dari seluruh Indonesia, asah soft skills kalian dan ikuti seluruh pelatihannya dengan serius dan semangat! Beswan Djarum always in my heart!

31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025