Artikel

7 Cara Jitu Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Selasa, 23 Januari 2024

Rasa ingin tahu adalah suatu keterampilan penting yang membantu kamu berkembang dan mencapai banyak hal dalam kehidupan. Di kehidupan sehari-hari, rasa ingin tahu memainkan peran penting dalam pengembangan diri, pemecahan masalah, dan perkembangan pribadi. Rasa ingin tahu dan sifat ‘kepo’ adalah dua hal yang berbeda ya. Kalau rasa ingin tahu merujuk pada sifat seseorang untuk mencari tahu lebih pengetahuan dan pemahaman yang luas, kalau ‘kepo’ merujuk pada sikap yang ingin tahu tentang urusan orang lain.

Hmm, lalu gimana sih caranya melatih dan meningkatkan rasa ingin tahu kita?


1. Aktif Bertanya

Cara paling sederhana untuk meningkatkan rasa ingin tahu adalah dengan aktif bertanya. Kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang hal-hal di sekitar kamu, bisa dimulai dari pertanyaan sederhana tentang bagaimana sesuatu bekerja atau pertanyaan kompleks tentang suatu fenomena. Nggak usah ragu dan malu untuk mengekspresikan ketidakpahaman kamu, ya!

2. Banyak Membaca

Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk menambah pengetahuan dan merangsang rasa ingin tahu. Baca buku, artikel, berita, atau blog tentang berbagai topik. Jangan batasi diri pada satu genre atau disiplin ilmu, kamu dapat mengeksplorasi berbagai bidang pengetahuan.

3. Ikuti Kursus atau Seminar

Kamu juga dapat bergabung pada kursus atau seminar pada topik yang kamu minati. Ini akan membantu kamu mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan bisa langsung mengasah skill praktikal secara langsung dari praktisi handal.

4. Perbanyak Relasi

Bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat atau pengalaman yang berbeda sangat membantu untuk menambah wawasan kamu. Semakin beragam manusianya, semakin memperkaya wawasan mengenai banyak hal. Mulai dari budaya, kebiasaan, atau bahkan diskusi tentang topik yang kamu minati.

5. Menjelajahi Tempat Baru

Kalau kata Tulus di lagu Berkelana, “kita kemana, mau kemana, hendak mencari apa?”. Perjalanan adalah cara hebat untuk memenuhi rasa ingin tahu kamu. Dengan mengunjungi tempat baru akan membuka wawasan kamu tentang banyak hal dan membantu dirimu memahami dunia dengan eksplorasi banyak hal baru.

6. Bereksperimen dan Bermain

Jangan takut untuk mencoba. Kamu bisa eksplorasi ide dan berinovasi sesuai topik yang kamu minati dan jangan ragu berpikir out of the box.

7. Siap Menerima Perubahan

Biasanya rasa ingin tahu mengharuskan kita untuk menerima perubahan dan kemajuan dalam pengetahuan. Perubahan akan terus terjadi dan kamu harus siap menerima segala perubahan yang terjadi di masa depan. Ini akan terus membuka ide dan wawasan kamu terkait banyak hal.

Meningkatkan keterampilan rasa ingin tahu adalah perjalanan yang berkelanjutan. Yuk, selalu cari cara-cara baru untuk belajar dan eksplorasi hal baru akan membantu kamu tetap terhubung dengan dunia yang terus berubah. Ini juga akan membantu kamu menjadi pribadi yang lebih kreatif dan adaptif.

Temukan Soft Skill Pedia edisi lainnya.

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

Jangan Asal Kutip!

Kamis, 01 Februari 2024
Jangan Asal Kutip!
Tidak Enaknya Jadi Orang yang Tidak Enakan
Oktober 2023 - Maret 2024 Pelatihan Delegasi Djarum Foundation ke Harvard World MUN Conference 2024