Artikel

Taklukkan Tantangan. Berbekal Soft Skills, Ciptakan Kesuksesan

Kamis, 03 Mei 2018

Masa muda merupakan masa emas. Di masa depan terdapat banyak kesempatan sekaligus kendala tak terduga dalam langkah kita mewujudkan impian. Bekali diri tak hanya dengan kecerdasan intelektual tapi juga soft skills agar siap menghadapi tantangan.

Membangun karakter sebagai perintis masa depan

Membangun karakter sebagai perintis masa depan

Perjalanan penerima Djarum Beasiswa Plus yang saat ini telah mencapai lebih dari 10.000 alumni sangatlah beragam. Kisah Edsel Ivander Hang, misalnya. Beswan Djarum 2013/2014 dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk bisa menjadi geolog di perusahaan minyak dan gas multinasional sangat inspiratif. Proses panjang dan penuh tantangan harus dilewatinya.

Awal mula Edsel membangun mimpinya yaitu saat kuliah. Setelah mendapat rangkaian soft skills dari Djarum Beasiswa Plus, Edsel mengikuti seleksi program magang di perusahaan minyak Amerika pada 2014. “Kurang lebih proses seleksinya sama dengan Djarum Beasiswa Plus. Untungnya saya sudah ditempa mengikuti  seleksi beasiswa prestasi dengan ribuan pendaftar ini,” jelas Edsel.

Perjalanan berikutnya cukup berliku.  Melemahnya harga minyak dunia menyebabkan impian Edsel untuk bergabung sebagai karyawan di perusahaan tempatnya magang tersebut harus terkubur. Kala itu 2015, banyak perusahaan yang menutup rekrutmen karyawan serta banyak pemutusan hubungan kerja. Setahun penantiannya masih belum menghasilkan apa-apa sekalipun ia telah menunda kelulusan dan melepaskan kesempatan program fast track S2 di kampusnya.

Namun Edsel tak patah semangat. Berbekal kecerdasan akademis dan soft skills yang dimilikinya, ia mendaftar beasiswa S2 dari salah satu lembaga terkemuka dan melanjutkan kuliah bergelar Master of Science dari Imperial College London, Inggris.

Ketangguhannya menghadapi berbagai tantangan, diakuinya berkat karakter yang telah terasah.

“Kekuatan mental membuat saya bisa bertahan dari ketatnya persaingan serta tekanan sosial,” kisahnya. “Character Building dari Djarum Beasiswa Plus sangat memengaruhi pandangan hidup saya,” lanjut Edsel kemudian.

Atas segala usahanya, Edsel yang beberapa waktu terakhir bergabung dengan perusahaan multinasional bidang konsultan tambang, energi, dan infrastruktur di Kanada, kini bersiap mengepak karir ke perusahaan minyak dan gas bumi yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

 

Menerapkan kecakapan kepemimpinan di industri yang menyentuh hidup orang banyak

Menerapkan kecakapan kepemimpinan di industri yang menyentuh hidup orang banyak

Kisah menginspirasi juga datang dari Olivia Renanda, Beswan Djarum 2012/2013 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sejak pertama bekerja Olivia mengaku selalu mendapat posisi yang sesuai dengan karakternya, bukan berdasarkan latar belakang pendidikannya yaitu Sistem Informasi.

“Aku suka hal-hal strategic dan menuntut komunikasi yang intens,” terangnya. Olivia lantas mengembangkan karir sebagai Project Management Office (PMO) ERP Implementation serta sebagai SAP Internal Functional Consultant.

 “Dalam dunia kerja, sering kali kita tidak bisa memilih atau mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan latar belakang pendidikan kita,” ujarnya.

“Tugas saya sebagai PMO saat implementasi proyek mengharuskan saya untuk dapat mengatur semua anggota holding. Saya yang masih sangat muda dituntut bisa mengatur bahkan menyampaikan instruksi kepada Eselon 1 dari masing-masing anggota holding sesuai dengan obyektif dari proyek,” jelas Olivia.

Di sinilah ia semakin sadar bahwa soft skills communication, leadership, dan kepercayaan diri sangat membantu dalam pengembangan pribadi dan karirnya.

Kini Olivia mendapat kepercayaan menjadi Procurement Practitioner di sebuah BUMN bidang industri pupuk. Posisinya membuat Olivia harus makin piawai menjalin komunikasi dengan banyak mitra kerja setiap harinya.

Ia masih mengingat materi yang diterimanya ketika mengikuti Leadership Development dan Community Empowerment Djarum Beasiswa Plus.

“Di dunia kerja, kecakapan berkomunikasi, kepemimpinan, kerja sama, dan berpikir kritis lebih banyak berperan dibanding dengan latar belakang keilmuan kita,” ujarnya. Soft skills tersebut yang kemudian membentuknya menjadi pribadi yang fleksibel dan dapat ditugaskan di mana saja.

Menjadi wanita yang berpengaruh dalam perusahaan, begitulah tekad kuat yang dimiliki Olivia. Alasan ini pula yang membuatnya ingin masuk ke perusahaan milik negara.

“Saya ingin bekerja untuk sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Saya ingin mengabdi kepada negara,” ucap wanita yang kini telah menjadi seorang ibu ini.

 

Mengukir prestasi hingga ke kancah internasional

Mengukir prestasi hingga ke kancah internasional

Kisah inspiratif berikutnya datang dari Marsha Imaniara, Beswan Djarum 2012/2013. Marsha, begitu ia biasa dipanggil, saat ini menempati posisi sebagai Senior Consultant dan menangani klien-klien multinasional di sebuah perusahaan konsultan public relations ternama di Indonesia.

Awal mulanya ia mendaftar Djarum Beasiswa Plus dengan tekad meringankan biaya kuliah. Sang ibu merupakan seorang guru dan berperan sebagai orang tua tunggal.

The whole package,” ucapnya untuk menggambarkan apa yang kemudian didapat dari Djarum Beasiswa Plus. Karena tak hanya mendapatkan dana pendidikan, Marsha dan Beswan Djarum lainnya juga memperoleh soft skills dan dapat berjejaring dengan lingkup se-Indonesia.

Alumni Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini menjadi bagian dari 10 Beswan Djarum yang menjadi delegasi Djarum Foundation untuk progam International Exposure Djarum Beasiswa Plus. Disiniia dipercaya menjadi ketua tim delegasi ke London International Model United Nation (LIMUN) 2014. Salah satu anggota timnya, Reinhardt Graciano Rongre berhasil mendapatkan penghargaan Best Position Paper at UNESCO Committee.

Dalam kompetisi seperti ini kemampuan komunikasi, kepercayaan diri, dan kerja sama diuji dan dipertandingkan dengan tim delegasi dari seluruh dunia.

“Pengalaman di kancah internasional ini merupakan bekal saya dalam memasuki karier,” tandas Marsha.

 

Ingin seperti mereka?

Bekali diri tak hanya dengan kecerdasan intelektual tapi juga soft skills, mulai dari sekarang dengan mempersiapkan mengikuti seleksi Djarum Beasiswa Plus untuk tahun 2019. Pelajari program dan syarat pendaftaran Djarum Beasiswa Plusnya di sini. Ikuti info Djarum Beasiswa Plus di akun media sosial resmi di Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

21 - 27 April 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 16-17 Mei 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Nasional 27 Maret - 30 Mei 2024 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025