Artikel

Kenapa Harus Memiliki Soft Skills, Sekarang?

Jumat, 18 Mei 2018

Untuk menghadapi masa depan dengan jutaan peluang serta tantangan tak terduga, bekal seperti kecerdasan inteligensia maupun emosional itu penting. Soft skills adalah kombinasi dari karakter tangguh, kecerdasan emosional, kemampuan komunikasi, kecakapan berinteraksi, dan lainnya yang memungkinkan kita menjalani hidup, berkolaborasi dan berkinerja dengan baik dalam jangka panjang.

Pendidikan formal merupakan salah satu jalan meraih hard skills atau keterampilan teknis dan pengetahuan spesifik yang berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Namun selain hard skills, masa depan  membutuhkan modal lebih luas.

Perusahaan sebagai salah satu tempat meraih impian, kini menilai soft skills sebagai atribut personal yang harus ada pada diri setiap calon karyawan untuk membantu menjalin kerja sama menuju kemajuan bersama. 

Kenapa dan bagaimana meraih soft skills?  Yuk simak hal berikut. 

a. 5 (lima) Alasan Pentingnya Soft Skills.

pentingnya soft skills

  1. Soft skills sebagai penunjang hard skills

    Dalam beberapa situasi, keterampilan teknis saja tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Dibutuhkan kemampuan penguasaan interpersonal yang baik, terutama untuk seorang pemimpin. Ia harus dapat mendengarkan karyawan, memiliki keterampilan berbicara yang baik, dan mampu berpikir kreatif. Semua karier membutuhkan beberapa soft skills untuk menjadikan hard skills lebih maksimal.

  2. Soft skills bisa dilatih

    Ada banyak media dan tempat untuk mempelajari hard skills. Namun demikian, soft skills lebih sulit dikembangkan karena tidak berhubungan dengan pengetahuan dan keahlian, melainkan karakter setiap orang. Dibutuhkan kesadaran, latihan berkelanjutan, serta komitmen untuk mengembangkan soft skills dalam diri.

  3. Soft skills menjadi pembeda dengan orang lain

    Hard skills yang kita cantumkan dalam Curriculum Vitae (CV) mungkin sama dengan orang lain. Namun soft skills yang membuat kita berbeda dari mereka. Soft skills akan menciptakan diri kita lebih autentik dengan kemampuan mengenali dan menggali lebih dalam potensi diri.

  4. Soft skills kunci kolaborasi dan kerja sama

    Bekerja dalam tim berarti memiliki visi yang sama. Proses menuju visi tersebut akan lebih efisien dan maksimal apabila kita bisa saling mengolaborasikan kemampuan yang dimiliki. Sehingga visi dapat dengan cepat tercapai.
    Disini, kecerdasan emosional menjadi poin penting menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Mulai dari kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, hingga keterampilan sosial. Semuanya merupakan faktor yang memengaruhi kemampuan kita berhubungan dengan orang lain.

  5. Soft skills modal dasar lewati tantangan dan wujudkan impian

    Tak dapat dipungkiri, masa depan penuh dengan perubahan. Kita harus dinamis dan fleksibel untuk menghadapinya. Kita dituntut untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang akan datang.

 

b. Soft Skills yang Penting Kamu Miliki

Setelah memahami pentingnya soft skills, gambar di bawah ini adalah delapan soft skills yang harus kamu pertimbangkan miliki.

8 soft skills yg harus dimiliki

c. Soft Skills dari Djarum Beasiswa Plus

Kamu bisa mulai mengasah soft skillsmu bersama Djarum Beasiswa Plus memilki program utama pengembangan soft skills bagi para penerimanya. Berbagai macam pelatihan diberikan guna mempersiapkan Beswan Djarum menjadi calon pemimpin masa depan yang tak hanya cakap inteligensia, tapi juga cerdas secara emosional.

 

soft skills di djarum beasiswa plus

Pelatihan soft skills yang diberikan meliputi Character Building, Leadership Development, dan Nation Building. 

Djarum Beasiswa Plus juga memberikan wadah untuk para Beswan Djarum mempraktikkan soft skills serta berprestasi mulai di skala nasional hingga internasional melalui Competition Challenges dan International Exposure. Selain itu, program Community Empowerment juga dihadirkan agar Beswan Djarum dapat menciptakan solusi berkelanjutan terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

d. Come Join Us, Beswan Djarum

Persiapkan dirimu menjadi Beswan Djarum berikutnya. Pendaftaran dibuka 1 kali dalam 1 tahun. Untuk tahun 2019 akan dibuka pada Maret 2019. Simak info resminya di media sosial resmi Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

1 - 20 April 2024 Seleksi Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 21 - 27 April 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 16-17 Mei 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Nasional 27 Maret - 30 Mei 2024 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025