Artikel

5 Cara Membangun Koneksi di Tempat Magang

Jumat, 19 November 2021

Tidak mudah bagi anak magang meninggalkan jejak yang berkesan dalam waktu hanya 3-6 bulan. Apalagi jika di kantor yang skala karyawannya besar dan menerima banyak anak magang dalam waktu bersamaan. Tapi bukan berarti tidak bisa.

Membangun koneksi di tempat magang sangat penting. Karena di masa depan, koneksi dapat membantu kita tidak hanya untuk urusan karier tapi juga kehidupan. Berikut lima cara supaya kamu bisa jadi anak magang yang punya banyak koneksi:

1. Inisiatif berbaur tapi tetap profesional

Tidak sedikit anak magang merasa canggung di awal-awal kerja. Merasa tidak tahu harus berbuat apa, memulai dari mana, dan terlalu sungkan. Sehingga seringkali malah membuat anak magang ‘terasing’.

Daripada menunggu disapa, lebih baik kamu membuka percakapan lebih dulu dengan karyawan. Jangan ragu. Jika kamu ramah dan memberi kesan yang baik, karyawan lainnya pasti membuka diri.

Tapi jangan lupa ya untuk tetap membatasi diri dengan profesional. Hindari percakapan yang mengusik ranah privasi atau bercanda yang berlebihan.

2. Tunjukan antusiasme tinggi

Siapa sangka, sikap seseorang dapat menjadi kesan tak terlupakan. Menunjukkan sikap yang baik dan antusiasme di tempat kerja bukan berarti harus menjadi 'penjilat' ya, Sobat Beswan Djarum.

Selalu datang tepat waktu dan menyelesaikan tugas dengan baik mungkin terlihat klise. Apalagi jika antusiasme terhadap pekerjaan dapat kamu tunjukan dengan kreativitas yang memberi angin segar bagi tempat magang kamu. Siapa sangka hal ini juga memberi kesan baik untuk anak magang.

3. Punya rasa ingin tahu yang besar

Jangan berhenti bertanya pada seputar pekerjaan yang kamu lakukan saja. Tapi perluas rasa ingin tahumu, seperti bagaimana industri tempat magangmu berjalan. Atau tentang jenjang karier, dan lain sebagainya.

Informasi-informasi ini tentu sangat berguna bagi anak magang jika sudah lulus kuliah nanti untuk memulai karier. Bahkan banyak loh anak magang yang bisa langsung memulai karier mereka sebelum lulus kuliah.

4. Terkoneksi di media sosial profesional

Anak magang perlu juga nih punya media sosial untuk karier profesional seperti LinkedIn. Jangan hanya fokus pada media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter karena ini terlalu personal.

Koneksi yang luas di LinkedIn juga bisa menarik perhatian para perekrut kerja, loh!

Terutama jika anak magang punya profil yang bagus. Misalnya, kamu Alumni Beswan Djarum, penting banget nih untuk mencantumkan LinkedIn page resmi Djarum Beasiswa Plus di dalam profil edukasimu. Tentu ini bisa membuka potensi meningkatkan kariermu.

5. Merawat koneksi meski masa magang sudah selesai

Biasanya ketika sudah selsai magang dalam waktu lama, mantan anak magang enggan untuk menyapa. Sekalipun papasan di suatu tempat atau kebetulan melihat aktivitas rekan kerja dan atasan di media sosial.

Padahal kembali menyapa, membuka percakapan sederhana tidak ada salahnya. Selama tidak mengganggu, koneksi bisa tetap terhubung. Pada akhirnya, mencari peluang kecil untuk menjalin ikatan dan terhubung dengan atasan dan rekan kerjamu dapat berdampak besar pada koneksi yang dibangun selama dan setelah magang.

Nantikan informasi selanjutnya dari Writing Competition Beswan Djarum 2020/2021. Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait