Artikel

6 Tipe Toxic Relationship di Tempat Kerja Yang Harus dihindari

Jumat, 19 Februari 2021

Di media sosial, cukup ramai orang membahas toxic relationship. Telah banyak yang mulai sadar bahaya dari hubungan yang toksik terutama untuk kesehatan mental.

Nah selain dalam hubungan dengan kekasih, toxic relationship juga bisa terjadi di lingkup organisasi, komunitas, atau pekerjaan, loh. Toxic relationship ini juga sama bahayanya termasuk untuk kemajuan bersama.

Karena selain tentang pekerjaan, hubungan di tempat kerja juga diharuskan untuk menciptakan kenyamanan dan saling memahami tanggung jawab serta kebutuhan. Terkadang hubungan terbangun tidak begitu baik, sehingga tidak nyaman dan berujung penurunan kinerja.

Studi terbaru dari Universitas Georgetown, Amerika Serikat, mengungkapkan sebanyak 98% orang melaporkan telah mengalami perilaku toksik di tempat kerja. Studi tersebut menemukan bahwa hubungan toksik membawa pengaruh negatif untuk sesama karyawan dan kantor mereka.

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas crab mentality dan pengaruhnya terhadap kesuksesan. Mengambil sumber dari www.weforum.org, yuk kita kenali enam macam hubungan toksik yang harus kamu antisipasi.

Hubungan bersifat pasif agresif

Tipe ini selalu berusaha menghindari masalah. Saling mengabaikan atau tidak ingin tahu kesulitan yang dirasakan satu sama lain.
Maka penting untuk kamu membuka komunikasi. Ciptakan forum yang nyaman, lalu saling ungkapkan yang dirasakan.

Hubungan kurang kepercayaan dan sulit memaafkan

Tidak dipungkiri bahwa adakala kita berbuat kesalahan di tempat kerja. Ada beberapa tipe orang yang terlalu terpaku pada kesalahan orang lain dan berbuat seolah-olah ia tidak pernah berbuat kesalahan. Bahkan ada tipe yang menyimpan dendam.

Kamu harus berhati-hati karena tipe tersebut berpotensi menghambat kariermu ke depan.

Hubungan hanya sepihak

Hubungan seharusnya simbiosis mutualisme alias saling memberi timbal balik. Sayangnya, ada saja tipe yang hanya mengambil untung sendiri tanpa mau memberi balik.

Hubungan yang idealis

Hubungan ini bisa tercipta apabila kamu terlalu menganggap atasan atau rekan kerja selalu benar. Sehingga kamu mengabaikan kemungkinan kekurangan atau kesalahan yang bisa terjadi.

Hubungan yang bersifat menghukum

Hubungan dibangun dengan tujuan menghukum orang lain karena ada perilaku yang tidak sesuai atau harapan mereka. Contohnya yaitu seorang atasan yang memberi tugas atau pekerjaan tanpa mengajak bicara atau memberi respon pada bawahannya.

Hubungan dibangun atas kebohongan

Definisi dari hubungan ini ialah lain di depan, lain di belakang. Apa yang ditunjukkan berbeda dengan kenyataan. Tentu sangat menghambat kemajuan di tempat kerja.

Ada banyak jenis hubungan toksik yang bisa terjadi di tempat kerja kita. Ketika kamu sedang terlibat di dalamnya, ada baiknya untuk mengevaluasi berbagai hal dengan hati-hati. Lalu tentukan tindakan tepat yang tidak hanya memengaruhi kesehatan mentalmu tapi juga untuk masa depan kariermu.

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum) dan Youtube (Djarum Beasiswa Plus).

*dilansir dari: https://www.weforum.org/agenda/2017/09/these-are-the-toxic-relationships-to-avoid-in-the-workplace/

Artikel terkait

1 - 20 April 2024 Seleksi Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 21 - 27 April 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 16-17 Mei 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Nasional 27 Maret - 30 Mei 2024 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025