Artikel

Bekal Lengkap Untuk Calon Pemimpin Masa Depan

Sabtu, 06 April 2024

Sobat Beswan Djarum, sebenarnya, apa sih peran seorang pemimpin? Pemimpin adalah seseorang yang mampu membuat visi, mengkomunikasikannya secara tulisan dan lisan, serta dapat memotivasi pengikutnya ke arah yang lebih baik.

Hal-hal terkait kepemimpinan ini disampaikan pada pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2023/2024. Pada pelatihan ini, Beswan Djarum (penerima program Djarum Beasiswa Plus) tidak hanya diberikan pengetahuan praktis dan keterampilan, tetapi juga diberi kesempatan untuk menghadapi tantangan langsung di lapangan dan mendapatkan umpan balik. Di sinilah pengalaman lapangan menjadi krusial, memberikan calon pemimpin pelajaran berharga yang dapat diterapkan dalam situasi nyata.

Pelatihan kepemimpinan ini diselenggarakan di dua kota yaitu Yogyakarta dan Surabaya. Diikuti oleh 516 Beswan Djarum dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 8 batch.

Selama empat hari, Beswan Djarum mendapatkan berbagai pelatihan dari pemateri ahli. Pelatihan pertama diberikan oleh Galuh Paskamagma, Program Officer Bakti Pendidikan Djarum Foundation dengan tajuk Gritty Leadership. Pada sesi ini, Beswan Djarum diajarkan untuk merancang fondasi visi yang kokoh dengan melibatkan pemahaman mengenai nilai-nilai (core value) dan tujuan (core purpose) yang akan terus dipegang.



Pada pelatihan berikutnya, Beswan Djarum belajar cara menulis esai argumentatif bersama Tri Wahono, Program Manager Djarum Foundation. Penulisan esai argumentatif menjadi keterampilan penting dalam dunia akademis dan profesional. Menguasai seni menulis argumentatif menjadi langkah penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis. Dengan menyajikan pendapat dengan jelas, mendukungnya dengan fakta dan bukti kuat, mempelajari beragam perspektif, dan membangun alur yang logis, Beswan Djarum diharapkan dapat menuliskan gagasan mereka dalam esai yang meyakinkan.

Setelah menulis esai, Beswan Djarum diajarkan untuk mampu berkomunikasi verbal secara efektif melalui sesi “Speak to Convince” bersama Anggi V. Goenadi, Public Speaking Master Trainer sekaligus alumni Beswan Djarum 2008/2009. Pada sesi ini, Beswan Djarum belajar berbicara untuk meyakinkan pendengar dengan menyelaraskan pesan, menggunakan bahasa tubuh, menyusun argumen yang terstruktur, dan memahami karakteristik khalayak.

Melalui pembekalan tiga pelatihan yang diberikan, Beswan Djarum langsung mengaplikasikan pembelajaran tersebut dengan terjun langsung ke masyarakat. Di lapangan, mereka tidak hanya mendengarkan, melatih sikap empati, dan meningkatkan rasa welas asih, tetapi juga mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.

Selanjutnya, Beswan Djarum mengasah gagasan solusi atas permasalahan yang temui. Tugasnya terbagi dua, pertama esai argumentatif untuk individual. Kedua project presentation secara berkelompok. Mereka juga dapat bimbingan dari Anggi V. Goenadi dan Tri Wahono yang juga bertindak sebagai juri.


Pelatihan berikutnya bertahuk Leadership & Motivate others oleh James Gwee, Indonesia’s Favourite Trainer and Seminar’s Speakers. Pada sesi ini, Beswan Djarum sebagai calon pemimpin belajar mengenal karakter orang untuk bisa memotivasi mereka mencapai tujuan bersama.

Sebagai lanjutan dari pelatihan Leadership Development, Beswan Djarum dikenalkan dengan ragam kompetisi nasional hingga Internasional yang diadakan oleh Djarum Beasiswa Plus. Mulai dari Essay Contest, International Exposure, hingga Community Empowerment.

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025