Artikel

Belajar Tanpa Batas: Investasi Karier Jangka Panjang

Kamis, 11 November 2021

Kita mengetahui bahwa wajib belajar hanya untuk para pelajar. Padahal, proses belajar harusnya tidak berhenti selama kita masih bernyawa. Terutama untuk kamu yang memutuskan untuk berkarier.

Sebuah artikel di hbr.org menyebutkan, karyawan dengan tipe pembelajar yang proaktif dan adaptif merupakan aset berharga sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, kemauan untuk terus belajar juga menjadi investasi bagi seseorang yang ingin mengembangkan kariernya.

Pendiri LinkedIn, Reid Hoffman menyebutkan bahwa ia lebih suka mencari individu yang memiliki kemauan tak terbatas untuk belajar. Senada dengannya, Satya Nadella, CEO Microsoft, berkata bahwa yang banyak belajar lebih baik daripada yang tahu segalanya.

Belajar sambil berkarier
Seringkali mengerjakan pekerjaan sudah cukup menyita waktu dan menyedot banyak energi. Terutama bagi para pemula. Sehingga rasanya tidak ada cukup ruang untuk belajar hal lain guna mengembangkan diri.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan supaya bisa belajar sambil berkarier:

1. Belajar dari orang lain

Mulai saat ini, tataplah rekan kerjamu sehari-hari sebagai sumber pengetahuan. Karena setiap orang pasti memiliki keahlian yang berbeda dan bisa jadi itu sesuatu hal baru bagi kita. Bahkan orang yang baru pertama kali kita temui juga bisa menjadi ‘guru’ bagi kita.

Tapi yang perlu kamu ingat, prinsip dari belajar sambil berkarier adalah semua guru, semua murid. Sehingga kamu juga perlu membagikan ilmu yang dimiliki pada orang di sekitar kamu. Sehingga bisa saling berkembang dan melengkapi satu sama lain.

2. Melakukan eksperimen

Ada banyak cara untuk melakukan eksperimen di tempat kerja. Misalnya menambah fitur dalam presentasi, mengubah video conference menjadi call conference, atau mencoba aplikasi baru.

Perlu disadari sejak awal bahwa eksperimen memiliki kemungkinan kegagalan. Sehingga kamu perlu siap dengan hasilnya dan tidak terlalu larut dalam kekecewaan. Karena banyak hal yang tidak diketahui hasilnya jika belum dilakukan, maka tidak ada salahnya kan untuk mencoba?

3. Motivasi untuk terus belajar

Semangat untuk belajar suka mengalami pasang surut. Apalagi jika kita sendiri yang menentukan targetnya. Jadi tidak ada yang memegang kendali. Bagi sebagian orang, kondisi seperti ini bisa menurunkan motivasi.

Supaya kamu bisa terus termotivasi untuk belajar, lakukan hal-hal berikut ini:

- Temukan penantang

Dunia karier memungkinkan kita untuk bertemu dengan beragam latar belakang dan karakteristik orang. Mencari penantang bukan berarti untuk berdebat atau mengalahkan. Tapi justru untuk memicu rasa ingin tahu dari dalam diri.

Dari penantang, kamu bisa mempelajari bagaimana ia menyelesaikan sebuah permasalahan, caranya memanfaatkan tantangan, hingga trik untuk menikmati pekerjaannya.

- Mengidentifikasi diri

Tidak jarang, kebiasaan-kebiasaan kita justru menjadi penghalang untuk kita belajar. Rasa nyaman yang terlanjur terpatri di dalam otak membuat kita enggan untuk bereksplorasi.

Untuk bisa mengubahnya, mulailah dari kebiasaan kecil. Misalnya jika kamu terbiasa mengambil keputusan sendiri akan suatu hal, cobalah diskusikan dengan orang lain untuk menerima saran atau perspektif baru.

- Ajukan pertanyaan pada diri sendiri

Masih dari hbr.org, berikut 5 pertanyaan untuk diri sendiri yang dapat mendorong motivasi belajarmu:

1. Bayangkan ini tahun 2030, apa tiga perubahan signifikan yang terjadi di industri yang saat ini kamu jalani?
2. Bagaimana kamu bisa membagi peran dengan robot?
3. Manakah dari kekuatan kamu yang paling berguna jika ukuran organisasi kamu berlipat ganda?
4. Bagaimana kamu bisa mentransfer bakat jika industri yang kamu jalani menghilang dalam semalam?
5. Jika kamu membangun kembali bisnis ini besok, apa yang akan kamu lakukan secara berbeda?

Rendy Wicaksana, Jurnalis VOA Indonesia mengatakan bahwa rasa ingin belajar dan rasa ingin tahu harus dijaga seumur hidup. Beswan Djarum 2011/2012 tersebut menyebutkan bahwa kita tidak pernah tahu karier akan membawa kita ke mana. Sehingga dengan belajar kita bisa terus berkembang di manapun kita berada.

Kamu bisa tonton video Soft Skills Talk bersama Rendy Wicaksana di YouTube Djarum Beasiswa Plus.

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), dan Twitter (@BeswanDjarum).


*Diolah dari:
https://hbr.org/2021/11/make-learning-a-part-of-your-daily-routine?ab=hero-subleft-3

Artikel terkait

21 - 27 April 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Regional 16-17 Mei 2024 Final Essay Contest Beswan Djarum 2023/2024 Tingkat Nasional 27 Maret - 30 Mei 2024 Pendaftaran Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 31 Mei - 9 Juni 2024 Seleksi Administrasi Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 10 Juni - 23 Juni 2024 Tes Tulis Online Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 24 Juni - 31 Agustus 2024 Tes Tulis Offline & Wawancara Djarum Beasiswa Plus 2024/2025 1 September 2024 Pengumuman Beswan Djarum 2024/2025