Artikel

International Exposure, Ajang Unjuk Soft Skills Beswan Djarum di Harvard WorldMUN 2024

Jumat, 18 Oktober 2024

Di tengah kondisi geopolitik global yang dinamis, Djarum Foundation melalui Djarum Beasiswa Plus mendorong para Beswan Djarum untuk selalu tanggap akan isu-isu internasional sebagai bekal calon pemimpin masa depan. Salah satu program unggulan Djarum Beasiswa Plus adalah International Exposure di mana para Beswan Djarum dapat mengaplikasikan soft skills di tingkat internasional sekaligus menjalin relasi internasional. Program ini juga mendorong para Beswan Djarum untuk terus berprestasi di kancah internasional dan terus mengharumkan nama Indonesia.

International Exposure Djarum Beasiswa Plus sudah dimulai sejak tahun 2013 saat Djarum Foundation mengirim delegasi ke Harvard Model United Nation (HMUN) di Boston, Amerika Serikat. Model United Nation (MUN) adalah kompetisi simulasi sidang PBB yang diselenggarakan di berbagai negara. Di tahun-tahun berikutnya, delegasi Beswan Djarum mengikuti Model United Nation di berbagai lokasi seperti:

- London International Model United Nation (LIMUN) 2014
- Harvard World Model United Nation (WorldMUN) 2015 di Korea Selatan
- European Model United Nations (EuroMUN 2016) di Maastricht, Belanda
- Rome Model United Nations (Rome MUN 2017)
- Asia-Pacific Model United Nation Conference (AMUNC 2018) di Sydney, Australia
- Singapore Model United Nation (SMUN 2019)
- Harvard World Model United Nation (WorldMUN 2023) Paris, Prancis

Di tahun 2024 delegasi Beswan Djarum mengikuti Harvard WorldMUN 2024 yang digelar di Taipei, Taiwan. Harvard WorldMUN adalah salah satu ajang simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terbesar dan diikuti lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari 110 negara setiap tahunnya. Sepuluh Beswan Djarum yang menjadi delegasi pada Harvard WorldMUN 2024 di Taipei adalah Adiwira Susanto (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Andrea Cindy Rosariputri (Universitas Sanata Dharma), Ayunda Alifiya Damayanthi (Universitas Jember), Jocelyn Wijaya (Universitas Padjadjaran), Khalifatur Aflah R. (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta), Maria Angelique (Universitas Tarumanegara), Muhammad Al-Fasya Syabil Sholatar (Universitas Muhammadiyah Malang), Mutiara Nurhaliza (Universitas Lampung), Rebecca Hellen Wikarjanto (Universitas Negeri Malang), dan Vieri Adi Dharma Puguh Putra (Universitas Lambung Mangkurat).

Menjelang pemberangkatan, para delegasi mendapat serangkaian pelatihan intensif dari Djarum Foundation selama kurang lebih 4 bulan. Salah satu pelatihan adalah melakukan simulation preparation bersama delegasi Djarum Foundation di tahun sebelumnya untuk mendapatkan suasana dan dinamika sidang MUN yang akan dijalani. International Exposure juga merupakan program di akhir periode, sebagai puncak di mana para Beswan Djarum dapat mengimplementasikan soft skills yang telah diraih dari seluruh program Djarum Beasiswa Plus seperti Leadership Development, Essay Contest, hingga Community Empowerment.

Serangkaian pengalaman berharga sudah didapat oleh delegasi Beswan Djarum angkatan 38. Di samping mempraktekkan soft skills pada konteks yang lebih global serta memperluas jejaring internasional, banyak aktivitas lain khususnya pengalaman budaya yang didapat oleh seluruh delegasi. Ada fakta-fakta menarik seputar Taiwan yang diungkap oleh para delegasi. “Negara asalnya Boba.” ujar Beswan Djarum Vieri Adi Dharma Puguh Putra dari Universitas Lambung Mangkurat. “Taiwan juga menjadi inspirasi Studio Ghibli dalam pembuatan film Spirited Away.” ungkap Beswan Djarum Khalifatur Aflah R. dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Terima kasih Beswan Djarum angkatan 38 yang sudah membawa nama Indonesia di Harvard WorldMUN
2024 di Taipei, Taiwan. Peluang besar menanti angkatan-angkatan selanjutnya untuk terus mengharumkan nama bangsa di kancah internasional!

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

28 Oktober 2024 Pengumuman Delegasi Djarum Foundation London International Model United Nations University Conference 2025 23 November - 24 November 2024 Pelatihan Delegasi Djarum Foundation ke London International Model United Nations University Conference 2025