Artikel

Tidak Enaknya Jadi Orang yang Tidak Enakan

Senin, 29 Januari 2024

People pleaser atau yang sering disebut orang yang tidak enakan, adalah mereka yang sulit menolak permintaan orang lain. Dia selalu berusaha untuk mengatakan atau melakukan hal yang diinginkan orang lain.

Psikolog UGM, Smita Dinakaramani dalam ugm.ac.id mengatakan bahwa berbeda dengan orang yang memang tulus membantu, people pleaser seringkali lupa pada kapasitas dirinya. Jadi meski tidak mampu, dia tetap bersikeras untuk melakukannya.

Kenapa seseorang menjadi people pleaser?

People pleaser umumnya berorientasi untuk mendapatkan validasi yang baik dari orang lain. Dia sangat peduli dengan pendapat orang, sehingga tidak ingin mengecewakan mereka. Sekalipun ia harus menyetujui suatu hal yang tidak sesuai dengan yang dia yakini.

Bagaimana cara agar tidak menjadi people pleaser?

Menjadi seorang people pleaser adalah hal yang melelahkan dan dapat merugikan diri sendiri. Berikut cara supaya kamu bisa menghindari dari kebiasaan menjadi people pleaser:

1. Kenali nilai dan batasanmu

Renungkan dan tentukan nilai dan prinsip yang penting bagi dirimu sendiri. Lalu rencanakan batasan yang jelas antara yang dapat dan tidak dapat dilakukan atau kamu terima.

2. Belajar buat bilang tidak

Mulai praktikkan untuk ngomong tidak tanpa merasa bersalah di momen yang sesuai. Pahami bahwa menolak permintaan bukan berarti egois, tetapi merupakan proses kesadaran diri mengenai kapasitas dan ketersediaan waktu.

3. Prioritaskan dirimu

Hal yang tidak kalah penting adalah utamakan dirimu. Karena jika kamu menghargai dirimu dengan baik, maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama. Serta jangan lupa untuk menghargai nilai dan prinsip termasuk opini yang kamu yakini.

4. Berani hadapi penolakan

Mendapat penolakan atau menjadi tidak disukai itu hal yang sangat wajar. Karena kita tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang, di setiap waktu. Belajar untuk menerima dan memahami perspektif orang lain tanpa terpengaruh terhadap nilai diri sendiri.

5. Berpikir sebelum memberi jawaban

Jika sedang diminta melakukan sesuatu, pertimbangkan apakah hal tersebut menjadi kewajibanmu? Jika bukan, apakah kewajiban yang jadi tanggung jawabmu sudah diselesaikan? Jangan pernah mengambil tanggung jawab di luar kemampuanmu.

6. Asah rasa percaya diri

Berlatih untuk merasa percaya diri dalam membuat keputusan. Perbaiki kesalahan yang pernah dilakukan dengan usaha yang terbaik. Kelola setiap kritik yang datang menjadi sebuah masukan yang membangun.

Cara menghadapi orang yang tidak enakan

Berhadapan dengan people pleaser bisa jadi momen yang sensitif. Hal yang bisa dilakukan mulai dari mengajak bicara secara terbuka. Tunjukkan kepedulianmu dengan tidak langsung menghakimi saat ia berkata jujur.

Hindari untuk memanfaatkan orang yang tidak enakan. Saat kita tahu rekan kita orang yang tidak enakan, kita bisa menghindari permintaan yang sekiranya di luar kapasitasnya.

Yuk, bareng-bareng kita bisa menciptakan lingkungan yang saling suportif!

Ikuti terus media sosial resmi kami melalui: Instagram (@djarumbeasiswaplus), Facebook Page (Djarum Beasiswa Plus), Twitter (@BeswanDjarum), LinkedIn (Djarum Beasiswa Plus), dan YouTube (Djarum Beasiswa Plus).

Artikel terkait

Jangan Asal Kutip!

Kamis, 01 Februari 2024
Jangan Asal Kutip!
Bagaimana Cara agar Lebih Peka pada Lingkungan Sekitar?
Oktober 2023 - Maret 2024 Pelatihan Delegasi Djarum Foundation ke Harvard World MUN Conference 2024